Ayo Ketahui.! Perbedaan Antara Konsep Penjualan dan Konsep Pemasaran

TWIBBONK.com – Ayo Ketahui.! Perbedaan Antara Konsep Penjualan dan Konsep Pemasaran. Ada perbedaan antara konsep penjualan dan konsep pemasaran dalam hal arah.

Pada dasarnya, tujuan akhir dari keduanya adalah untuk menghasilkan keuntungan sebanyak mungkin. Bukan hal yang aneh, tapi kebanyakan orang atau mungkin kita berdua berpikiran sama. Pada kenyataannya pasti berbeda. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui perbedaan antara kedua konsep tersebut. Dengar, ya!

Sekilas konsep penjualan

Seperti namanya, konsep penjualan lebih fokus pada penjualan produk saja. Jadi konsep ini menghadirkan produk yang sebaik mungkin.

Ketika produk sudah jadi, pikirkan bagaimana cara memasarkannya. Secara umum, konsep penjualan adalah sebagai berikut:

  • Kebanyakan para konsumen hanya menginginkan apa yang di lihat dan belum tentu yang di beli konsumen adalah yang palingdi butuh tapi hanya memenuhi keinginan nya sesaat.
  • Kedua, konsumen didorong untuk membeli lebih banyak produk melalui upaya perusahaan untuk meningkatkan pembelian tersebut.
  • Dalam kaitannya dengan pekerjaan perusahaan, konsep penjualan lebih difokuskan pada komposisi bagian yang berorientasi pada penjualan. Hal ini tentunya bertujuan untuk menarik dan mempertahankan konsumen untuk menjaga loyalitasnya.

Tentang konsep pemasaran

Anda mungkin sudah sering mendengar konsep pemasaran. Namun terkadang kita tidak mengetahui secara detail apa maksud dari konsep ini. Ekonom dan pakar manajemen Phillip Kotler dan Gary Armstrong mendefinisikan konsep pemasaran ini sebagai proses di mana perusahaan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan mereka.

BACA JUGA :   Cara Efektif Tingkatkan Sales dan Engagement dengan Push Notification

Sederhananya, pemasaran adalah tentang proses manajemen pelanggan baru dengan lebih banyak janji. Dengan kata lain, konsep pemasaran adalah cara untuk membuat konsumen puas dengan produk yang ditawarkan perusahaan. Fokusnya adalah kepuasan pelanggan, yang dicapai ketika kebutuhan, keinginan, dan kebutuhan konsumen terpenuhi dengan baik.

Semua kegiatan pemasaran tersebut dilakukan secara terpadu, atau biasa dikenal dengan pemasaran terpadu.

Perbedaan Antara Konsep Penjualan dan Pemasaran

Anda juga harus mengetahui perbedaan antara konsep penjualan dan pemasaran. Karena masih banyak orang yang menganggap keduanya sama. Namun pada kenyataannya, keduanya jelas berbeda.

Konsep Penjualan dan Konsep Pemasaran, konsep penjualan adalah suatu perusahaan menciptakan suatu produk dan kemudian menggunakan strategi penjualan untuk menarik konsumen agar membeli produk tersebut. Dengan kata lain, perusahaan selanjutnya menginstruksikan konsumen untuk mematuhi pasokan yang ditentukan.

Di sisi lain, konsep pemasaran menekankan pada pengembangan produk yang memenuhi kebutuhan konsumen dan dapat memperoleh manfaat darinya. Dalam hal ini, perusahaan menyesuaikan produknya dengan kebutuhan konsumen.

Secara lebih ringkas, perbedaan antara konsep penjualan dan konsep pemasaran adalah sebagai berikut:

  • Konsep penjualan lebih menekankan pada produk sedangkan konsep pemasaran lebih menitikberatkan pada kebutuhan konsumen.
  • Dalam konsep penjualan, seorang produsen menciptakan suatu produk dan kemudian memikirkan strategi agar produk tersebut dapat dijual di pasar. Konsep pemasaran kemudian menentukan langkah awal yang diinginkan konsumen dan bagaimana menciptakan produk yang lebih disukai konsumen.
  • Dari perspektif manajemen, konsep penjualan lebih berfokus pada penjualan produk. Sedangkan konsep
BACA JUGA :   Kenali Apa Itu Segmentasi Demografis dalam Pasar 2021

pemasaran lebih menekankan pada laba operasi. Selain itu, konsep pemasaran juga berorientasi pada produk baru di masa depan.

Demikian ulasan mengenai perbedaan konsep penjualan dengan konsep pemasaran. Sekarang, di era kemajuan teknologi digital, penting untuk menggunakan strategi pemasaran digital untuk meningkatkan bottom line bisnis Anda.

Artikel Seputar Tentang Trading Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Ikutin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

Leave a Comment