Tips Mudah Menyusun Laporan Keuangan 2021

TWIBBONK.com – Tips Mudah Menyusun Laporan Keuangan 2021. Data keuangan memiliki reputasi membosankan, dan Anda mungkin berpikir bahwa presentasi keuangan dapat menakuti para profesional yang paling berdedikasi sekalipun. Untuk mengubah persepsi tersebut, Anda perlu membuat presentasi yang Anda inginkan. Tarik perhatian audiens Anda tanpa membuat mereka merasa seperti sedang ditawan. Gunakan tips ini untuk membuat presentasi keuangan yang persuasif dan membuat orang mendengarkan Anda. 7 cara mudah membuat laporan keuangan

Keputusan Periode

Sebelum Anda mulai, Anda perlu memutuskan periode mana yang akan dimasukkan dalam laporan keuangan Anda. Sebagian besar laporan keuangan dibuat setiap tiga bulan dan setiap tahun, tetapi beberapa perusahaan melakukannya setiap bulan. Tinjau dokumen yang berlaku untuk organisasi Anda, seperti anggaran rumah tangga, anggaran dasar, atau anggaran dasar, untuk menentukan periode waktu yang harus dimasukkan dalam laporan keuangan. Dokumen ini dapat menjelaskan seberapa sering Anda perlu menyiapkan laporan keuangan. Tanyakan kepada manajemen organisasi Anda seberapa sering laporan diharapkan disiapkan.
Jika Anda seorang eksekutif dalam suatu organisasi, pertimbangkan kapan laporan keuangan paling berguna dan pilihlah sebagai tanggal laporan keuangan.

Tinjau Buku Besar anda

Selanjutnya, Anda perlu memastikan bahwa semua yang ada di buku besar sudah diperbarui dan dicatat dengan benar. Jika data akuntansi yang mendasari tidak akurat, laporan keuangan tidak akan berguna bagi pembaca. Misalnya, verifikasi bahwa semua hutang usaha dan piutang telah diproses, bahwa rekonsiliasi bank telah selesai, dan bahwa semua pembelian persediaan dan penjualan produk telah dicatat. Anda juga harus mempertimbangkan kewajiban yang mungkin tidak dicatat pada tanggal laporan keuangan. Misalnya, apakah perusahaan menerima layanan yang tidak ditagih? Apakah karyawan harus membayar upah yang belum dibayar? Pos-pos ini merupakan kewajiban yang harus dibayar dan harus dicatat dalam laporan keuangan.

BACA JUGA :   Rekomendasi Kartu Kredit Khusus Buat Anak 2021

Mengumpulkan Informasi yang Hilang

Jika tinjauan buku besar mengungkapkan informasi yang hilang, lacak semua dokumen relevan yang diperlukan untuk memastikan bahwa laporan keuangan lengkap dan akurat.

Siapkan Neraca

Siapkan halaman saldo. Neraca menunjukkan akun aset perusahaan (kepemilikan), kewajiban (jumlah terutang) dan modal ekuitas, seperti saham biasa dan tambahan modal disetor untuk tanggal tertentu. [1] Beri judul halaman pertama laporan keuangan “Neraca” dan sebutkan nama organisasi dan tanggal efektif neraca. Entri neraca dilaporkan pada hari-hari tertentu dalam setahun. Misalnya, saldo dapat dibuat pada tanggal 31 Desember.

Format neraca Anda dengan benar. Sebagian besar neraca memiliki aset di sebelah kiri dan kewajiban/ekuitas di sebelah kanan. Atau beberapa mungkin menampilkan aset di atas dan kewajiban/ekuitas di bawah.

Pendaftaran aset

Tambahkan judul “Aset” ke bagian pertama neraca Anda dan kemudian daftarkan aset lain yang dimiliki perusahaan Anda. Mulailah dengan aset lancar, seperti uang tunai dan apa pun yang akan dikonversi menjadi uang tunai dalam waktu satu tahun sejak tanggal neraca. Anda bisa mengumpulkan aset anda untuk pendapatan masa depan yang tetap dan tidak perlu memikirkan bisnis lagi. Berikutnya adalah daftar aset tidak likuid. Aset tidak lancar didefinisikan sebagai aset yang bukan uang tunai dan tidak akan dikonversi menjadi uang tunai dalam waktu dekat. Misalnya, aset, peralatan, dan tagihan yang akan ditagih adalah aset tidak lancar. Masukkan subtotal aset tidak lancar. Terakhir, jumlahkan subtotal saat ini dan tidak lancar dan beri label pada baris ini “Total Aset”.

BACA JUGA :   Cara Mengatur keuangan Jangka Panjang 2021

Total Kewajiban dan Ekuitas

Gabungkan jumlah bagian “Total Kewajiban” dan “Total Ekuitas”. Judulnya adalah “Total Hutang dan Ekuitas”.

Tips Mudah Menyusun Laporan Keuangan Periksa saldo Anda. Angka-angka yang Anda hitung untuk “Total Aset” dan “Total Kewajiban dan Ekuitas” harus sama dengan neraca Anda. Dalam hal ini, neraca selesai dan Anda dapat mulai menyiapkan laporan laba rugi. Ekuitas pemegang saham harus sama dengan aset perusahaan dikurangi kewajibannya. Seperti disebutkan sebelumnya, ini adalah uang yang tersisa jika Anda menjual semua aset Anda dan melunasi semua kewajiban Anda. Oleh karena itu, kewajiban dan ekuitas harus sama dengan aset. Jika tidak seimbang, periksa pekerjaan. Anda mungkin telah menghilangkan atau salah mengklasifikasikan salah satu akun Anda. Periksa ulang setiap kolom satu per satu dan pastikan semuanya disertakan apa adanya. Anda mungkin telah melewatkan aset berharga atau tanggung jawab penting.

Artikel Seputar Tentang Trading Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Ikutin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

Leave a Comment