Cara Mudah Membuat Jenis Laporan Keuangan Bisnis Kecil

TWIBBONK.com – Cara Mudah Membuat Jenis Laporan Keuangan Bisnis Kecil. Dalam hal pencatatan/pembukuan bisnis kecil, kebanyakan orang tahu ini penting, namun seringkali banyak orang yang tidak disiplin dalam menjalankannya. Memulai bisnis dari nol hingga sukses harus banyak belajar, bersabar dan analisis pasar. Sekalipun bisnis Anda masih dalam kategori bisnis kecil, berikut adalah beberapa laporan akuntansi terpenting untuk bisnis kecil yang harus Anda ketahui.

Laporan laba rugi

Laporan terpenting dalam bisnis apa pun adalah laporan laba rugi, juga dikenal sebagai laporan laba rugi atau laporan laba rugi. Laporan ini memberi tahu Anda berapa banyak uang yang dihasilkan bisnis Anda, dan banyak lagi. Pekerjaan pembukuan yang dikelola dengan baik mencakup perincian tentang di mana Anda menghabiskan uang dan dari mana asalnya. Analisis keuntungan dan kerugian sangat penting dalam dunis bisnis, yang harus di kedepan kan untuk para pembisnis.

Pemilik bisnis kecil harus memeriksa laporan ini setidaknya setiap bulan. Ada baiknya juga untuk melihat tren, membandingkan hasil Anda saat ini dengan periode yang sama tahun lalu, dan membandingkan bulan terakhir dengan bulan terakhir. Laporan ini memberi tahu Anda divisi mana yang berkinerja baik dan mana yang tidak, dan membantu Anda fokus pada area bisnis yang paling menguntungkan.

Neraca keuangan

Neraca memberi Anda gambaran tentang apa yang disimpan dalam bisnis Anda pada waktu tertentu. Untuk bisnis kecil, aset biasanya mencakup barang-barang seperti rekening bank, piutang, dan rekening investasi. Neraca juga dapat mencakup aset seperti aset, komputer, peralatan, dan aset fisik dan tidak berwujud lainnya yang dapat dijual. Kewajiban biasanya mencakup kartu kredit, pinjaman bisnis, dan hal lain yang Anda berutang bisnis Anda.

BACA JUGA :   Spesifikasi Terlengkap HP Vivo IQOO 8 Pro

Persamaan akuntansi didasarkan pada neraca. Ini memberitahu kita bahwa aset + kewajiban = ekuitas. Laporan ini idealnya harus berupa angka yang meningkat dari waktu ke waktu.

Saat meninjau neraca Anda, lihat juga aset jangka pendek versus kewajiban jangka pendek. Jika Anda memiliki pembayaran segera jatuh tempo, jangan sampai kehabisan uang tunai tanpa menyadari bahwa aset tersebut tidak likuid.

Piutang bisnis 

Anda tidak bekerja secara gratis dan bisnis Anda bukanlah kegiatan amal atau sosial. Ya? Bekerja dan mengirim faktur hanyalah bagian dari menghasilkan uang. Anda juga harus memverifikasi bahwa pembayaran telah dilakukan dan dikumpulkan. Laporan Keusangan Piutang (A/R-Receivables) memberi tahu Anda seberapa baik kinerja Anda dalam hal penagihan. Tingkatkan sistem penagihan Anda untuk mempertahankan arus kas yang baik.

Laporan arus kas

Sama seperti Anda perlu melihat siapa yang berutang kepada Anda, Anda juga perlu melihat siapa yang paling banyak membayar Anda. Pendapatan menurut laporan arus kas memberi tahu Anda berapa banyak yang Anda peroleh dari setiap pelanggan selama periode tertentu. Bisnis lepas dan layanan profesional sangat bergantung pada bisnis berulang di banyak industri. Membangun hubungan baik dengan pelanggan yang berkualitas dapat menjadi sumber pendapatan yang menguntungkan, stabil dan sehat.

Namun berhati-hatilah untuk tidak terlalu mengandalkan satu sumber pendapatan. Ketika terlalu banyak pendapatan datang dari satu tempat, itu disebut “risiko konsentrasi pendapatan.” Jika meninggalkan satu pelanggan merusak seluruh bisnis Anda, Anda perlu mendiversifikasi cara Anda melayani bisnis Anda. Jika Anda menaruh terlalu banyak telur dalam satu keranjang, perusahaan Anda bisa bangkrut.

BACA JUGA :   Review Samsung Galaxy M51 Camera 32MP Kualitas Tinggi

Laporan hutang

Laporan Keuangan Bisnis Kecil perusahaan mungkin membutuhkan waktu terlalu lama untuk membayar Anda, atau pemasok atau mitra bisnis Anda mungkin tidak menyukainya. Jika Anda memiliki hutang atau tagihan, bantu pemasok dan bayar tepat waktu. Pernyataan hutang Anda akan menunjukkan kepada Anda dan berapa banyak hutang Anda. Selama laporan keuangan Anda diperbarui secara berkala, Anda dapat dengan mudah mencari dan menemukan siapa yang berutang kepada Anda, sehingga Anda tidak pernah melewatkan tanggal jatuh tempo.

Pembayaran yang terlambat dapat merusak hubungan Anda dan menunda biaya lainnya. Bayar tepat waktu. Diskon pembayaran awal mungkin juga tersedia dari beberapa pemasok.

Artikel Seputar Tentang Trading Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Ikutin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

Leave a Comment