5 Cara Mudah Mengelola Keuangan Bisnis Kecil 2021

TWIBBONK.com – 5 Cara Mudah Mengelola Keuangan Bisnis Kecil 2021. Mengelola keuangan bisa menjadi tugas yang menakutkan bagi pemilik usaha kecil. Jika Anda tidak memiliki banyak pengalaman dalam mengelola keuangan bisnis Anda, Anda berisiko jatuh ke dalam kebiasaan keuangan yang buruk yang dapat merugikan bisnis Anda di beberapa titik. Langkah terpenting bagi pemilik bisnis adalah mendidik diri sendiri. Dengan memahami keterampilan dasar yang diperlukan untuk menjalankan bisnis kecil, seperti melakukan tugas akuntansi sederhana, mengajukan pinjaman atau menulis laporan keuangan, pemilik bisnis dapat menciptakan masa depan keuangan yang aman. Disiplin dan pelacakan catatan adalah komponen kunci dari pengelolaan uang yang baik. .

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan sebagai pemilik usaha kecil untuk mengelola keuangan usaha kecil Anda.

1. Bayar sendiri

Alexander Lowry, profesor dan direktur Program Magister Analisis Keuangan Gordon College, mengatakan pemilik usaha kecil tidak boleh mengabaikan peran mereka di perusahaan dan harus menghargai diri mereka sendiri.

Ingin memastikan keuangan bisnis dan pribadi Anda dalam kondisi yang baik? Ingatlah bahwa Anda adalah bagian dari bisnis dan Anda harus menghargai diri sendiri sebanyak Anda membayar orang lain. Apa tujuanmu? Selain menjadi akrab dengan manajemen profesional, Anda juga termotivasi untuk meningkatkan produktivitas usaha kecil Anda.

2. Investasi untuk proses pertumbuhan bisnis (alokasi dana)

BACA JUGA :   Berikut Pilihan Bisnis Yang Paling Cocok Untuk Wanita Karir

Selain membayar diri sendiri, penting untuk menyisihkan uang Anda dan melihat peluang untuk mengembangkan bisnis Anda. Edgar Collado, CFO Tobias Financial Advisors, mengatakan pemilik bisnis harus selalu memperhatikan masa depan.

3. Memiliki strategi penagihan yang baik

Apa pun bisnis Anda, setiap pemilik bisnis membutuhkan pelanggan yang terus-menerus dapat menunda proses pembayaran tagihan. Mengelola keuangan usaha kecil Anda berarti mengelola arus kas Anda untuk memastikan bisnis Anda beroperasi pada tingkat yang sehat setiap hari. Jika Anda mengalami kesulitan mengumpulkan tagihan tepat waktu dari pelanggan atau klien tertentu, mungkin sudah waktunya untuk menemukan cara kreatif untuk mengklaimnya.

James Stefurak, pemimpin redaksi Invoice Factoring Guide, sebuah perusahaan konsultan bisnis terkemuka, mengatakan, “Masalah arus kas dapat muncul ketika terlalu banyak uang tunai yang tersangkut pada tagihan yang belum dibayar, dan ini adalah penyebab utama kegagalan bisnis.” “Jika Anda memiliki pelanggan yang membayar biaya keterlambatan secara kronis, cobalah pendekatan yang berbeda.”

4. Periksa dan pantau laporan keuangan Anda secara berkala

Ini adalah kebiasaan sederhana namun sangat penting. Bahkan jika Anda memiliki seorang akuntan, lakukan yang terbaik untuk meninjau dan memantau laporan keuangan bisnis Anda dengan meluangkan waktu setiap hari atau setiap bulan.

Terence Channon, Kepala Sekolah NewLead LLC, mengatakan, “Jangan mengabaikan rekonsiliasi bank, dan luangkan waktu untuk meninjau faktur terutang Anda setiap bulan.” “Gagal melakukan ini dapat mengakibatkan bisnis membuang-buang pengeluaran atau menggelapkan dana perusahaan.”

BACA JUGA :   Apa Itu PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak), Berikut Penjelasanya

5. Kontrol Pengeluaran, Fokus pada ROI

Cara mudah mengelola keuangan bisnis kecil  dengan mengukur biaya dan laba atas investasi memberi Anda gambaran yang jelas tentang apa investasi yang masuk akal dan apa yang tidak layak untuk dikejar. CEO MyCorporation Deborah Sweeney mengatakan pemilik usaha kecil perlu tahu di mana mereka menghabiskan uang mereka.

“Fokus pada ROI dengan segala cara.” “Jika tidak, Anda bisa kehilangan uang karena itu seperti bertaruh pada pengeluaran yang tidak terkait. Ketahui di mana Anda menggunakan modal ventura Anda dan bagaimana investasi Anda membuahkan hasil.

Artikel Seputar Tentang Trading Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Ikutin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

Leave a Comment