Ayo Kenali Apa Itu.! Konsep Penting Akuntansi Dalam Bisnis

TWIBBONK.com – Ayo Kenali Apa Itu.! Konsep Penting Akuntansi Dalam Bisnis. Akuntansi telah dianggap sebagai “bahasa bisnis” oleh banyak orang. Penting nya akuntansi dalam hidup dan untuk orang yang baru memulai bisnis agar sukses. Definisi buku teks akuntansi menyatakan bahwa akuntansi meliputi pencatatan, pengikhtisaran, pelaporan, dan analisis data keuangan. Mari kita coba memahami komponen akuntansi untuk memahami apa arti sebenarnya dari sistem pencatatan ini.

Fungsi pencatatan

Konsep penting akuntansi dalam bisnis, fungsi utama akuntansi adalah untuk mencatat semua transaksi perusahaan. Mengenali apa yang sesuai dengan transaksi dan menyimpan catatan disebut pembukuan. Pembukuan lebih sempit daripada akuntansi dan hanya berhubungan dengan bagian pencatatan. Untuk tujuan pencatatan, akuntan memelihara log dari serangkaian transaksi. Prosedur mereka sangat sistematis. Komputer telah dikerahkan untuk secara otomatis menghitung transaksi yang sedang terjadi.

Ringkasan Fitur

Mencatat transaksi menghasilkan data mentah. Halaman data mentah jarang digunakan oleh organisasi untuk pengambilan keputusan.

Misalnya, Pak. Rp. Satu juta dinyatakan sebagai:

Dijual ke Pak X 1 juta rupiah

Total penjualan (ringkasan) meningkat dari 5 juta menjadi 6 juta

Fungsi pelaporan

Manajemen bertanggung jawab kepada investor atas kondisi perusahaan. Pemilik diharuskan untuk secara teratur memperbarui operasi yang didanai mereka sendiri. Untuk alasan ini, laporan rutin dikirim kepada mereka. Biasanya, frekuensi laporan ini adalah setiap tiga bulan, dengan satu laporan tahunan yang merangkum kinerja untuk keempat kuartal. Pelaporan biasanya dilakukan dalam bentuk laporan keuangan. Laporan keuangan ini diatur oleh instansi pemerintah untuk memastikan tidak ada laporan keuangan yang menyesatkan.

BACA JUGA :   Anda Harus Tahu.! Cara Menggunakan Sales Funnel Agar Bisnis Online Sukses

Analisis fungsional

Akhirnya, akuntan harus melakukan analisis hasil. Setelah meringkas dan melaporkan hasil, kesimpulan yang berarti harus ditarik. Manajemen perlu mengetahui sisi positif dan negatifnya. Akuntansi membantu Anda melakukannya melalui perbandingan. Adalah umum untuk membandingkan keuntungan, uang tunai, penjualan, aset, dll. Kinerja bisnis sangat lah penting untuk meningkatkan mutu dari perusahaan anda sendiri.

Memahami konsep debit dan kredit dalam pencatatan akuntansi

Debit dan kredit seperti pembatas dalam sistem akuntansi dua kali lipat. Banyak mahasiswa akuntansi yang bingung menggunakan kata ini. Banyak orang mencoba memahami dengan analogi hal-hal seperti plus minus yang sudah mereka ketahui. Kredit dan debit memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing – masing. Terkadang entri debit dapat meningkatkan saldo akun, tetapi di lain waktu dapat menurunkan saldo akun. Mari kita coba memahami bagaimana sistem debit dan kredit ini bekerja.

Periksa jenis transaksi

Anda sekarang dapat memutuskan apakah akan menarik atau mengkredit akun Anda. Anda mengatakan Anda perlu meningkatkan saldo kas Anda. Karena uang tunai adalah aset, ia memiliki saldo debit yang mendasarinya. Setiap penarikan tambahan ke debit akan menambah saldo Anda. Jadi, Anda akan mendebet rekening kas Anda.

Demikian pula, Anda dapat memeriksa apakah suatu barang harus didebit atau dikreditkan. Anda harus memeriksa bahwa debit setiap transaksi sama dengan kredit. Ini adalah prinsip dasar akuntansi yang sama.

BACA JUGA :   Tips Mudah Mempertahankan Pelanggan Dengan Customer Retention

Artikel Seputar Tentang Otomotif Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Ikutin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

Leave a Comment