Cara Mudah Melakukan Pembukuan Toko Kecil, simak Penjelasan nya!

TWIBBONK.com – Cara Mudah Melakukan Pembukuan Toko Kecil, simak Penjelasan nya! Pembukuan toko adalah proses pencatatan transaksi keuangan harian pembukuan toko ke dalam sistem akuntansi. Pembukuan toko ini memungkinkan pemilik bisnis untuk secara akurat melacak pendapatan dan pengeluaran yang diperlukan untuk membuat laporan keuangan yang akurat dan menganalisis arus kas untuk menghindari kehabisan dana atau membuang-buang barang inventaris. Membuat buku Anda sendiri untuk pembukuan toko buku dapat menghemat uang Anda daripada mengontrak seorang akuntan, tetapi melakukannya membutuhkan investasi waktu tambahan.

Pembukuan ritel termasuk pelacakan penjualan, pengeluaran, hutang, piutang dan persediaan. Sekalipun pembukuan toko Anda kecil, menjual produk eceran memerlukan catatan dan pembukuan yang cermat. bagaimana? Anda dapat mencoba langkah-langkah ini:

Catatan akuntansi persediaan

Anda dapat mengatur sistem untuk melacak aliran harian inventaris produk masuk dan keluar dari toko Anda. Lacak kuantitas dan biaya semua pengiriman yang masuk, serta kuantitas dan harga jual setiap item yang terjual. Secara teratur rekonsiliasi item yang rusak atau hilang untuk memastikan bahwa catatan Anda sesuai dengan inventaris Anda yang sebenarnya. Inventaris adalah aset paling berharga di toko ritel dan sering kali paling banyak diinvestasikan oleh pemilik toko, jadi selalu penting untuk mengetahui dengan tepat di mana inventaris Anda berada.

Laporan pendapatan

Lacak semua pendapatan yang masuk dan bandingkan secara teratur catatan Anda dengan laporan mutasi bank Anda untuk mengetahui perbedaannya. Pendapatan penjualan adalah pendorong pendapatan terbesar toko, tetapi mungkin ada sumber pendapatan lain, seperti biaya layanan purna jual, penjualan garansi yang diperpanjang, atau biaya pengiriman. Jika Anda memiliki sistem point of sale (POS) elektronik yang terhubung ke sistem akuntansi Anda, Anda harus melakukan audit rutin untuk memverifikasi keakuratan catatan dan pembukuan toko Anda, dan secara manual menambahkan pendapatan yang tidak dicatat melalui POS. Jika tidak, simpan penerimaan terperinci dari semua pendapatan dan transfer jumlah total ke sistem akuntansi sesering mungkin.

BACA JUGA :   Cara Efektif Tingkatkan Sales dan Engagement dengan Push Notification

Laporan Pengeluaran dan Pengeluaran

Lacak pengeluaran Anda sebanyak pendapatan Anda dan bandingkan secara teratur catatan Anda dengan laporan bank Anda. Otomatiskan pengeluaran berulang sebanyak mungkin, termasuk pembayaran sewa, dan atur sistem akuntansi untuk mencatat pengeluaran ini secara otomatis untuk setiap periode. Untuk memudahkan Anda menghitung laba operasi pembukuan toko Anda, catat semua pengeluaran variabel, termasuk harga pokok penjualan, tenaga kerja, pajak, dan pembelian, dalam akun pembukuan ganda yang sesuai.

Hutang Piutang

Cara mudah melakukan pembukuan toko kecil Simpan catatan terperinci tentang uang dan hutang yang harus Anda bayar. Gunakan sistem akuntansi untuk mengingatkan Anda untuk membayar pinjaman, tagihan, dan kewajiban kredit Anda tepat waktu dan memandu aktivitas penagihan Anda dengan pelanggan kredit Anda. Keduanya sangat penting untuk pembukuan toko kecil. Mengelola piutang Anda dapat meningkatkan atau mempertahankan peringkat kredit Anda dari sudut pandang bank dan pemasok Anda, dan mengelola piutang Anda dengan benar juga dapat membantu menjaga arus kas positif di toko Anda.

Ekuitas (ekuitas) dan laba ditahan

Bahkan jika Anda menjalankan toko Anda sebagai pemilik tunggal, pantau semua sumber daya yang dimasukkan pemilik ke dalam bisnis di akun ekuitas terpisah. Informasi ini mungkin tidak berguna seperti entri pembukuan lainnya dalam jangka pendek, dan memelihara catatan yang akurat membutuhkan upaya berkelanjutan dalam jangka panjang. Ini dapat berguna ketika seorang mitra (misalnya, jika Anda memiliki mitra) meninggalkan perusahaan.

BACA JUGA :   Ayo Ketahui Barang Apa saja! Yang Dikenai Pajak Ekspor

Hasil akhir dari pembukuan toko ini adalah membuat laporan keuangan toko yang mudah dipahami untuk mengontrol arus kas dan keuntungan toko dalam rencana bisnis masa depan.

Artikel Seputar Tentang Otomotif Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Ikutin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

Leave a Comment