Tips Mudah Merawat Ban Serep Mobil 2021

TWIBBONK.com – Tips Mudah Merawat Ban Serep Mobil 2021. Fungsinya hanya untuk mengganti ban dalam keadaan darurat, namun perlu untuk merawat ban serep mobil secara rutin. Tujuannya agar ban serep tetap awet dan andal setiap saat saat dibutuhkan. Ban serep dibagi menjadi dua jenis: ukuran penuh dan hemat tempat. Ban utama juga harus sama dengan ban serep yang di gunakan. Anda harus selalu membawa ban serep di setiap perjalanan anda.

Penggunaan ban serep yang hemat tempat hanya bersifat sementara dan tidak cocok untuk penggunaan jangka panjang karena desainnya tidak ideal untuk penggunaan sehari-hari. Anda bisa nerawat ban dengan aman tanpa harus merusak nya. Karena letaknya yang tersembunyi, ban serep sering lupa kondisinya.

1. Tutupi ban serep dengan Cover

Untuk mobil tipe SUV dengan ban serep yang tergantung di bak truk bisa ditutup menggunakan cover. Hal ini untuk mencegah ban cepat aus karena terlalu lama terkena sinar matahari langsung. Penyebab lain nya juga bisa dari faktor alam seperti terkena panas dan hujan badai.

2. Cek kondisi ban serep secara Teratur

Menempatkan ban serep di bagasi atau di luar, seperti pada SUV, berpotensi menurunkan elastisitas karet, terutama saat terkena suhu panas dan lembab. Anda harus selalu mengawasi kondisi ban anda dan selalu cek ban anda setelah berkendara. Bersihkan ban yang berdebu dari lumpur dan berbagai benda kotor. Untuk menjaga elastisitasnya, Anda perlu menyediakan pelembab ban atau semir ban berkualitas tinggi yang bisa dibeli di Auto Accessories and Care.

BACA JUGA :   Spesifikasi Harga Honda Genio 2021

3. Periksa tekanan udara secara teratur

Anda juga harus tetap menajaga tekanan ban agar tetap aman dan tidak berkurang angin nya. Hal ini karena jika tekanan udara ban serep terlalu rendah atau habis, maka tidak bisa digunakan dalam keadaan darurat. Tekanan ban serep harus sekitar 35-40 psi lebih tinggi dari ban utama. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kasus ban serep yang sudah lama tidak digunakan. Ini menghindari kemungkinan penurunan tekanan angin yang sangat lambat.

4. Lakukan rotasi ban serep

Ban yang belum pernah dipakai biasanya memiliki konstruksi yang mengeras dan tidak berbentuk bulat sempurna, yang pada akhirnya mengganggu kenyamanan atau pengendalian mobil. Untuk mengantisipasinya, Anda perlu mengganti ban serep secara berkala beserta ban utama yang sering Anda gunakan. Karena sudah termasuk ban serep, kami sangat menyarankan untuk mengganti ban menggunakan sistem forward spin atau sistem diagonal. Bisa dengan ban yang bsertandar SNI agar lebih aman untuk di gunakan.

5. Segera perbaiki ban yang kempes

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan ban serep karena ban bocor di jalan, segera perbaiki ban yang bocor. Pemilik mobil lupa untuk memperbaiki ban yang bocor, karena ada banyak kasus, terutama bagi pengguna ban serep ukuran penuh. Jadi, jika ban bocor lagi, ban serep tidak bisa digunakan lagi karena masih dipakai. “Anda harus ingat ban serep yang sudah bisa di gunakan dan ban yang bocor harus segera di perbaiki. Jadi kalau ban bocor segera perbaiki ban serep agar bisa dipakai nanti,” kata Handito .memperingatkan.

BACA JUGA :   Warna Dan Harga Terbaru Dari Motor All New Vario 125 2021

Artikel Seputar Tentang Otomotif Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Iktuin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

Leave a Comment