Tips Mudah Ganti Velg Mobil Dengan Cepat 2021

TWIBBONK.com – Tips Mudah Ganti Velg Mobil Dengan Cepat 2021. Salah satu hal yang paling umum dilakukan pemilik mobil adalah memasang aksesoris atau suku cadang aftermarket pada mobil mereka. Tujuannya tidak lain adalah keinginan untuk menjadi lebih baik atau berbeda. Salah satunya adalah penggantian velg mobil. Ya, komponen pada velg ini seringkali ditukar dengan ukuran yang lebih besar untuk mendapatkan tampilan yang lebih eksklusif.

Roda pengganti legal. Namun, penting untuk diingat bahwa mengganti velg dan ban akan mempengaruhi keamanan dan kenyamanan Anda saat berkendara. Untuk itu, penggantian kedua komponen ini harus lebih diperhatikan. Ayo baca artikel di bawah ini agar tahu cara mudah memasanf velg yang bagus dan benar.

1. Periksa kembali apakah model roda dan kendaraan yang diinginkan sudah benar

Ada begitu banyak pilihan roda yang tersedia saat ini. Tentu akan sangat membingungkan bagi Anda. Ingin tampil lebih elegan atau sporty? Tentu saja hal itu akan dipengaruhi oleh velg yang Anda pilih. Untuk melakukannya, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan beberapa outlet atau toko velg, bahkan jika ingin memasangnya jangan langsung melakukannya.

BACA JUGA :   Selengkap Nya Tentang Spesifikasi dan Harga Honda CB150R 2021

2. Perhatikan dimensi roda yang akan dipasang.

Secara umum, pabrikan mobil merekomendasikan untuk mengganti ukuran roda maksimum dengan 2-3 inci lebih besar. Misalnya, dimensi velg mobil standar adalah 15 inci, dan ukuran roda maksimum yang dapat dipasang adalah 18 inci. Karena jika terlalu besar akan mempengaruhi kenyamanan, keamanan, performa dan konsumsi bahan bakar mobil. Perhatikan juga ukuran ruang roda mobil Anda. Jika ruang terbatas, jangan dipaksakan untuk diisi dengan roda besar.

3. Memilih ban mobil yang tepat itu penting!

Tak sedikit orang yang kurang memperhatikan penggunaan ban saat mengganti velg mobil alias pasangan aslinya. Sementara pilihan ban Anda sangat berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan selama profil ban terlalu tipis, redaman terasa kaku dan dapat merusak pelek saat terkena lubang. Tapak ban yang terlalu lebar atau terlalu tipis dapat mengganggu handling mobil. Pastikan Anda menggunakan profil ban yang benar untuk ini.

4. Periksa offset roda default

Offset atau biasa disingkat ET adalah dimensi jarak dari pusat roda ke bagian terluar. Ukuran offset ini menentukan apakah roda akan terpasang dengan aman dan terlihat bagus dari sudut pandang estetika. Jika tidak sesuai untuk menentukan offset, roda akan terlihat terlalu menonjol keluar masuk wheel bay. Tidak hanya tidak aman karena cenderung bergesekan dengan komponen lain, tetapi juga membuat mobil kurang terlihat.

BACA JUGA :   Penyebab Dan Solusi Mengatasi Motor Cepat Panas 2021

5. Pilih PCD yang sesuai dengan spesifikasi dasar mobil anda

Tips Mudah Ganti Velg Mobil Dengan Cepat 2021. Diameter pusat pitch atau PCD adalah ukuran dan tata letak baut roda. Jika PCD mobil Anda menunjukkan 4×100, berarti mobil Anda menggunakan baut roda 4 dengan jarak antar baut 100mm. Ada banyak ukuran berbeda dari PCD yang diterapkan pada mobil, seperti 4×100, 4×10, 4×114, 5×100, dan 6×139.7mm. Mengganti PCD bawaan mobil untuk hal ini tidak disarankan, jadi pastikan roda yang Anda pilih menggunakan PCD yang benar bersama dengan PCD bawaan mobil Anda.\

Artikel Seputar Tentang Otomotif Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Iktuin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

Leave a Comment