Ayo Ketahui.! Perbedaan Tabungan & Dana Darurat

TWIBBONK.com – Ayo Ketahui.! Perbedaan Tabungan & Dana Darurat. Siapa yang tidak ingin memiliki keuangan yang sehat dan berkualitas? Tidak ada hutang, tabungan yang cukup untuk tujuan jangka panjang dan jangka pendek, memenuhi dana darurat dan banyak lagi. Tentu saja, keuangan yang sehat dan sehat memerlukan perencanaan dan persiapan sedini mungkin, dimulai dengan pengelolaan keuangan yang baik dan penggunaan dana Anda secara bijak dan teratur. Tapi tahukah Anda perbedaan antara tabungan dan dana darurat? Mari kita bahas ini.

Penghematan Tabungan

Pada dasarnya menabung memiliki tujuan atau goal yang jelas. Jika Anda memiliki keinginan untuk membeli barang tertentu, Anda perlu menabung untuk mencapainya. Tabungan juga memiliki banyak manfaat, antara lain:

– Pikiran menjadi tenang

Menabung akan mengurangi kekhawatiran keuangan Anda dan mengurangi stres, yang akan membebaskan Anda dari beban dan membuat aktivitas Anda lebih menyenangkan.

– ada pilihan

Semakin banyak Anda menyimpan, semakin banyak pilihan yang Anda miliki. Misalnya, jika Anda cemas dan khawatir tinggal di lingkungan yang tidak aman, Anda dapat memilih untuk pindah ke daerah yang lebih aman dan nyaman karena Anda memiliki tabungan yang cukup untuk memilih rumah di apartemen yang lebih aman dan dekat dengan aktivitas Anda. Anda bisa memiliki rumah yang lebih nyaman dan sangat bagus.

BACA JUGA :   Ayo Pahami.! Investasi Reksa Dana Saham, Keuntungan, dan Risikonya

Dana Darurat

Meskipun konsep dana darurat berbeda, dana darurat digunakan dalam situasi di luar kendali Anda, seperti dalam kecelakaan atau situasi yang sangat mendesak. Dengan dana darurat, Anda dapat membuat penyangga keuangan yang memungkinkan Anda bertahan saat terjadi bencana tanpa harus bergantung pada kartu kredit atau pinjaman berbunga tinggi. Besaran dana darurat disesuaikan dengan pendapatan dan pengeluaran masing-masing. Misalnya, jika pengeluaran bulanan Anda 5 juta, dana darurat Anda harus 3, 6, dan 12 kali pengeluaran bulanan Anda. Artinya, meskipun terjadi bencana, kebutuhan finansial Anda akan tetap terpenuhi selama 12 bulan ke depan. Dana darurat dapat digunakan dalam situasi berikut:

– Biaya pengobatan tak terduga

Jika Anda sakit dan membutuhkan perawatan kesehatan yang mahal, ada cara untuk membayarnya.

– Perbaikan atau penggantian peralatan rumah tangga

Misalnya, jika mesin air di rumah Anda tiba-tiba rusak dan Anda tidak memiliki anggaran untuk memperbaiki atau membeli mesin air baru, Anda dapat menggunakan dana darurat Anda.

– perbaikan mobil

Mobil Anda menabrak mesin dan Anda membutuhkan banyak uang untuk memperbaikinya, sehingga Anda dapat memperbaiki mobil Anda atau membeli yang baru dengan dana darurat Anda.

– Pengangguran

Jika Anda mengalami pengangguran mendadak dan membutuhkan waktu untuk mencari pekerjaan baru, Anda dapat menggunakan dana darurat Anda setiap bulan sampai Anda mendapatkan yang baru.

BACA JUGA :   Cara Mudah Mengelola Keuangan Dengan Metode 10-20-30-40

Memiliki lebih banyak tabungan dan dana darurat yang tersedia untuk mengatasi masalah yang mungkin timbul akan membuat hidup Anda lebih tenang, tidak stres, dan memberi Anda lebih banyak pilihan dalam membuat keputusan yang berdampak pada kehidupan.

Artikel Seputar Tentang Keuangan Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Iktuin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

Leave a Comment