Ayo Ketahui.! Kesalahan Pengusaha Membuat Bisnis Anda Tidak Maju

TWIBBONK.com – Ayo Ketahui.! Kesalahan Pengusaha Membuat Bisnis Anda Tidak Maju. Persaingan untuk mendapatkan pekerjaan sangat ketat dan kompetitif, sehingga beberapa orang ingin memulai bisnis sendiri. Tanpa pengetahuan bisnis yang tepat, sulit bagi bisnis Anda untuk maju alih-alih berhasil. Ini tidak biasa, tetapi banyak orang benar-benar gulung tikar.

Karena menjadi seorang wirausaha tidaklah mudah. Banyak bisnis kecil tidak bertahan di tengah. Ada banyak alasan mengapa beberapa perusahaan terpaksa mundur, seperti tidak menarik banyak pelanggan, kekurangan modal, atau kurangnya pemahaman pasar.

Namun nyatanya, mengetahui ilmu bisa mencegahnya. Pendiri dan CEO pelatih miliarder Dewa Eka Prayoga membagikan beberapa resep agar tidak mengulangi kesalahan banyak pengusaha pemula yang gagal.

Ayo Ketahui.! Kesalahan Pengusaha Membuat Bisnis Anda Tidak Maju

Pengalaman orang lain dapat membantu pengusaha pemula menghindari kesalahan fatal yang membuat usahanya gagal. Berikut rincian Dewa Eka Prayoga dalam bukunya 7 Kesalahan Mematikan Bagi Pengusaha Pemula (2013):

1. Berpartisipasi dalam upaya orang lain

Melihat kesuksesan pengusaha lain terkadang menggoda. Tidak jarang setiap orang menjadi pengusaha, karena sifat manusia cenderung iri dengan kesuksesan orang lain. Menurut imajinasinya, menjadi seorang wirausahawan dapat menghasilkan lebih banyak uang daripada hanya menjadi seorang karyawan.

BACA JUGA :   Ayo Ketahui! Perusahaan Impor Terbesar di Indonesia

Tanpa kemauan yang kuat, banyak pengusaha yang hanya mengikuti saja mudah putus asa. Keputusasaan langsung karena cobaan ringan.

Daripada menyesal nantinya, sebaiknya pengusaha pemula mempelajari industri terkait sebelum memulai bisnis. Mungkin dia sempat heboh karena melihat kesuksesan orang lain.

Selain bergabung sebagai pengusaha, ada juga orang yang terjun ke bisnis karena bisnisnya sibuk dan mereka menyukainya sementara.

Untuk alasan ini, ada pasar yang booming atau ramai untuk jangka waktu tertentu, tetapi setelah jangka waktu tertentu, ia menghilang seperti burung layang-layang ke tanah. Jika Anda pernah melihatnya, bisa jadi seorang pebisnis atau bisnis yang hanya mengejarnya.

Ketika tidak lagi ramai, bisnis yang dibangunnya akan bangkrut atau tidak bertahan lama.

2. Mudah percaya

Dunia bisnis adalah hal yang tidak boleh dilakukan, terutama bagi pemula yang tidak memiliki pengalaman pengantar. Jangan sembarang percaya dan harus tahu terlebih dahulu agar tidak tertipu.

3. Ingin cepat dan segera

Kesalahan umum yang dilakukan pengusaha pemula adalah menginginkan sesuatu yang cepat dan segera. Keinginan untuk langsung mendapatkan keuntungan seringkali yang membuat pengusaha pemula melakukan kesalahan dan cepat gagal.

Misalnya, pengusaha pemula mempekerjakan karyawan dengan cepat karena mereka ingin berkembang dengan cepat. Faktanya, pendapatan dan pengeluaran bisnis tidak stabil, jadi bagaimana Anda bisa membayar karyawan ini?

Apalagi bukan tidak mungkin seorang pengusaha ditipu oleh karyawannya jika karyawan tersebut sudah memahami kompleksitas bisnisnya lebih baik dari pada sang pengusaha.

BACA JUGA :   5 Ide Bisnis Jajanan Berbahan Mie Modal Minim 2021

4. Berbagai gaya

Jika bisnisnya berkembang sedikit demi sedikit, pengusaha pemula umumnya akan merasa “berhasil” dalam bisnisnya. Gaya hidupnya berubah, membeli baju branded, celana atau tas, dan membeli kendaraan baru.

Faktanya, kesuksesan tidak diukur dari penampilan, tetapi dari jiwa wirausaha yang terlibat. Meski jarang, gaya berlebihan bisa menimbulkan beban hidup lainnya. Dengan peningkatan standar hidup, seseorang dapat membenarkan cara yang berbeda untuk memuaskan keinginannya.

Pengusaha dengan banyak gaya sering menggunakan dana perusahaan untuk biaya hidup jika mereka tidak sepenuhnya memahami bisnis dan keuangan mereka.

Karena itu, banyak orang yang terlihat kaya tetapi sebenarnya penghasilannya cepat habis untuk mempertahankan standar hidup yang mewah.

5. Kesalahan Pengusaha Membuat Bisnis Anda Tidak Maju Mudah berhutang

Seringkali, ketika melihat ide dan peluang bisnis, pengusaha pemula berisiko meminjam utang dalam jumlah besar. Padahal, keuntungan yang diharapkan hanya ada di kepalanya. Selain itu, tidak masuk akal untuk berutang ketika Anda harus melunasinya dengan keuntungan yang tidak pasti.

Bagaimanapun, hutang adalah kewajiban yang serius. Kegagalan untuk membayar hutang akan membebani keluarga. Bahkan jika dia meninggal, hutangnya akan diteruskan kepada anak-anaknya.

Dalam kasus lain, pengusaha pemula dapat berhasil dalam bisnis ketika mereka memiliki hutang awal. Dia juga menambahkan utang lain untuk mengembangkan bisnis. Awalnya, utang yang sangat dibutuhkan menjadi kebiasaan buruk.

BACA JUGA :   Ayo Ketahui Barang Apa saja! Yang Dikenai Pajak Ekspor

Itu sebabnya, pertimbangkan baik-baik sebelum meminjamkan. Kebiasaan berutang tanpa perencanaan yang matang akan meningkatkan keuntungan, namun jika tidak dapat dikelola hanya akan memperburuk petaka bagi pengusaha pemula.

Leave a Comment