Ayo Ketahui Barang Apa saja! Yang Dikenai Pajak Ekspor

TWIBBONK.com – Ayo Ketahui Barang Apa saja! Yang Dikenai Pajak Ekspor. Kegiatan perdagangan yang mendapat perlakuan istimewa dari pemerintah antara lain kegiatan perdagangan ekspor. Beberapa barang dikenakan pajak ekspor dan beberapa tidak.

Barang atau jasa yang biasanya tidak dikenakan pajak dimaksudkan untuk memperlancar kegiatan ekspor dalam negeri. Di sisi lain, barang dikenakan pajak, dan tujuannya adalah untuk membatasi barang atau jasa yang masuk ke luar negeri.

Barang-barang yang dikenakan pajak ekspor umumnya diklasifikasikan sebagai barang yang dilindungi. Diharapkan dengan adanya perlakuan preferensial, jumlah ekspor ke luar negeri tidak berlebihan dan permintaan dalam negeri dapat terjamin.

Jasa yang dikenakan pajak ekspor

Ada tiga jenis jasa atau jasa yang dikenakan pajak ekspor: jasa tol, jasa pemeliharaan, dan jasa konstruksi. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

1. Layanan McLon

Jasa tol adalah jasa yang diberikan oleh suatu usaha untuk menghasilkan produk pesanan tertentu. Layanan tol ini dikenakan pajak PPN.

Misalnya, jika sebuah perusahaan Korea ingin memproduksi sepatu, ia menetapkan standar kualitas tertentu yang akan diikuti oleh perusahaan domestik. Setelah selesai, sepatu tersebut diperdagangkan oleh pembeli dari perusahaan Korea.

Ada lima kategori layanan pengumpulan tol ini.

  • Pembeli jasa berada di luar daerah pabean dan berstatus sebagai Wajib Pajak Luar Negeri.
  • Pelanggan menetapkan spesifikasi barang yang dipesan secara detail dengan SOP tertentu.
  • Bahan yang digunakan adalah bahan baku, barang setengah jadi atau bahan pelengkap yang diolah untuk
  • keperluan perpajakan.
  • Barang yang dihasilkan adalah milik pembeli jasa kena pajak atau pelanggan jasa tol.
BACA JUGA :   Penjelasan Cara Kerja Chatbot dan Manfaat Nya Dalam Bisnis

Setelah diproses, barang dikirim ke pelanggan di luar bea cukai.

2. Layanan pemeliharaan

Jasa pemeliharaan untuk tujuan ekspor juga dikenakan pajak PPN. Dalam hal ini, ada dua jenis pelayanan di luar pabean, yaitu pribadi dan real estate.

3. Jasa konstruksi

Jasa konstruksi berdasarkan permintaan ekspor, mulai dari konsultasi perencanaan, pengawasan hingga pekerjaan konstruksi, dikenakan pajak PPN.

Seperti halnya jasa perbaikan dan pemeliharaan, ada dua kategori jasa konstruksi. Artinya, jasa konstruksi untuk barang bergerak dan real estat yang digunakan di luar kawasan pabean.

Barang yang dikenakan pajak Ekspor

1. Rotan

Hati rotan dan kulit rotan dikenakan pajak 15% untuk setiap rotan yang telah ditelusuri, dicuci, diasap, disulfurisasi atau dipoles mikro.

2. Pohon

Untuk serpihan kayu, veneer dan produk olahan kayu lainnya, dikenakan pajak sebesar 15%.

3. Minyak sawit

Pajak minyak sawit (CPO) terbagi menjadi dua kategori: Pertama, ada pajak 3% untuk tandan buah segar dan kernel (bibit kelapa sawit). Kedua, pajak hingga 1% saat mengekspor ke pasar internasional.

4. Pasir

Pajak 15% dikenakan untuk pasir alam, pasir silika, dan pasir kuarsa.

Jenis jasa dan barang yang dapat dikenakan pajak. Informasi ini penting jika Anda ingin fokus mengembangkan bisnis ekspor Anda. Kami harap Anda menemukan artikel ini bermanfaat.

Leave a Comment