Ayo Ketahui.! Pengertian Perusahaan Dagang Jenis dan Karakteristiknya

TWIBBONK.com – Ayo Ketahui.! Pengertian Perusahaan Dagang Jenis dan Karakteristiknya. Berbagai perusahaan yang kini berdiri fokus pada bidangnya masing-masing yang nantinya akan bermanfaat dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satu yang menjadi sorotan adalah perusahaan dagang.

Sebuah perusahaan dagang tentunya memberikan jasa perdagangan atau penjualan kepada pihak konsumen yang membutuhkan, seperti perorangan atau lembaga dan lembaga.

Ayo Ketahui.! Pengertian Perusahaan Dagang Jenis dan Karakteristiknya

Jadi, apa sebenarnya perusahaan dagang itu dan bagaimana manfaatnya bagi masyarakat? Berikut ini penjelasan tentang perusahaan dagang dengan segala macam aksesoris.

Pengertian perusahaan dagang

Secara umum, perusahaan dagang adalah perusahaan yang menjual produk produsen kepada konsumen atau masyarakat, bukan menyediakan jasa pembuatan produk sendiri. Maka baik perusahaan ini maupun kegiatan produksi apa pun di dalamnya.

Industri perdagangan ini menjual produk murni yang disediakan oleh produsen. Yang dimaksud dengan perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan usahanya menyimpan, membeli dan menjual kembali produk-produk tersebut kepada konsumen dalam rangka menciptakan nilai tambah dan menjual produk.

Karakteristik perusahaan perdagangan

Setiap sektor dalam suatu perusahaan pasti memiliki karakteristik tertentu, termasuk perusahaan dagang. Ciri atau cirinya adalah :

1. Beli dan jual tanpa mengubah produk

BACA JUGA :   Berikut ini Manfaat dan Tujuan Dari Pencatatan Akuntansi Perusahaan

Produk yang diperoleh dari perusahaan dagang hanya dijual kembali setelah dibeli langsung dari produsen. Tidak ada proses produksi atau pengerjaan ulang.

2. Penjualan Pendapatan Utama

Pendapatan utama perusahaan berasal dari penjualan bersih perusahaan. Hal ini dikarenakan biasanya perusahaan tidak membutuhkan bahan baku contoh nya seperti manufaktur.

3. Modal usaha dari biaya penjualan produk

Modal usaha yang digunakan oleh perusahaan dagang ini diperoleh dari harga pokok penjualan.

4. Perantara antara produsen dan konsumen

Perusahaan dagang juga bertindak sebagai perantara antara produsen dan konsumen.

5. Tidak ada perubahan item pembelian dan penjualan

Bisnis ini tidak mengubah barang yang akan di jual ke konsumen, atau bisa di bilang hanya harga nya saja yang brubah.

6. Anda mendapat untung dengan menjual produk dengan harga lebih tinggi dari harga beli

Perusahaan dagang memperoleh keuntungan dengan menjual produk yang harganya lebih tinggi dari harga pembelian sebelumnya.

Jenis Perusahaan Perdagangan

Ada berbagai jenis perusahaan perdagangan berdasarkan kriteria, termasuk:

1. Produk sampingan

Tergantung pada produk yang dijual, jenis perusahaan dibagi menjadi dua jenis: perusahaan perdagangan barang jadi dan perusahaan perdagangan barang jadi.

NS. perusahaan perdagangan produk
Perusahaan menjual hasil produksinya dalam bentuk bahan baku kepada pembeli.

NS. perusahaan perdagangan produk jadi
Perusahaan dagang ini menjual barang dalam bentuk produk jadi.

BACA JUGA :   Pengertian dan Karakter Wirausahawan Sukses, Yang Wajib di Ketahui.!

2. Standar konsumen

Berbagai jenis perusahaan perdagangan bergantung pada konsumen yang mereka layani. Jenis-jenis perusahaan dagang berdasarkan konsumen adalah:

NS. perusahaan perdagangan besar
Perusahaan membeli produk langsung dari produsen di pabrik dalam jumlah besar.

NS. perusahaan perdagangan pialang
Perusahaan dagang jenis ini biasanya membeli produk dalam jumlah besar, tetapi menjualnya kembali kepada konsumen dalam volume minimal atau sedang.

Benih. perusahaan perdagangan eceran
Perusahaan perdagangan ini berhubungan langsung dengan konsumen. Kegiatan transaksi penjualan dilakukan antara pedagang tingkat rendah dengan konsumen, seperti supermarket, pasar, warung makan, toko, dll.

Sertifikat Transaksi Perusahaan Dagang

Beberapa bukti transaksi yang biasa digunakan oleh perusahaan dagang adalah:

1. Faktur

Faktur ini merupakan bukti bahwa perusahaan telah menjual produk kepada pelanggan secara kredit.

2. Memo Debet

Bukti nota debit ini juga sangat diperlukan jika transaksi pembeli termasuk pengembalian karena kerusakan, kesalahan pengiriman, dll. Hal ini tentunya sangat penting untuk dipersiapkan oleh sebuah perusahaan dagang.

3. Nota kredit

Selain nota debet, ada juga nota kredit yang digunakan oleh perusahaan dagang. Catatan ini berfungsi sebagai bukti transaksi jika perusahaan menerima pengembalian produk dari pembeli.

Kesimpulan

Perusahaan dagang bertindak sebagai perantara dan menjual produk yang dihasilkan oleh produsen kepada konsumen tanpa mengolahnya kembali. Perusahaan kemudian hanya akan menggunakan hasil dari penjualan saat ini. Jadi, penjualan yang baik jelas menghasilkan keuntungan yang baik.

BACA JUGA :   Ketahui.! Masalah Bisnis Online yang Sering Terjadi 2021

Leave a Comment