Cara Mudah Memilih TV LED dan OLED Terbaik 2021

TWIBBONK.com – Cara Mudah Memilih TV LED dan OLED Terbaik 2021. Adanya berbagai layanan video streaming seperti Netflix, Disney+ Hotstar, WeTV dan lainnya membuat menonton film di rumah lebih banyak daripada pergi ke bioskop.

Saat ini sudah banyak smartphone Android dengan kualitas layar 4K yang bisa memberikan hiburan dalam kualitas gambar beresolusi tinggi, namun kehadiran TV di rumah tetap terasa sangat dibutuhkan.

Cara Mudah Memilih TV LED dan OLED Terbaik 2021

TV LED dan OLED adalah jenis TV yang sangat populer di pasaran saat ini karena dapat menawarkan kualitas gambar terbaik, kejernihan, dan resolusi tinggi.

Tentu saja, pengalaman menonton Anda akan sangat berbeda ketika Anda menikmati hiburan di layar ponsel Anda dengan televisi ukuran layar yang jauh lebih besar.

Tidak hanya menarik perhatian dengan kualitas gambar yang detail dan cerah, TV masa kini juga dilengkapi dengan port HDMI, port USB, konektivitas nirkabel ke ponsel Android, dan banyak lagi.

Saat membeli TV khususnya jenis LED atau OLED sebaiknya selain memilih produk yang benar-benar bagus dan berkualitas serta tahan lama sesuai kebutuhan Anda. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

BACA JUGA :   Spesifikasi iPhone Xs di Lengkapi Dengan Fitur Chip A12 Bionic

1. Ubah ukuran TV Anda agar sesuai dengan ruangan Anda

Hal pertama yang harus diperhatikan saat membeli TV adalah apakah ukuran TV tersebut cocok dengan ruangan di rumah Anda. Meski ruangannya kecil, hal ini penting karena meminta TV ukuran besar akan membuat mata tidak nyaman.

Demikian juga jangan membeli TV berukuran standar untuk ruangan yang besar. Secara umum, ukuran TV terbaik untuk ukuran kamar standar adalah antara 55 inci dan 65 inci.

Jika ruangan Anda saat ini tidak standar, mulailah dengan setidaknya 1/3 TV dalam kualitas HD atau 1/4 TV dengan layar 4K dan ikuti tip berikut untuk memilih ukuran TV Anda.

Duduk di depan TV adalah yang paling nyaman karena 3 kali ukuran layar TV HD dan 1,5 kali ukuran layar TV UHD.

Misalnya, TV yang cocok untuk ruangan berukuran 5×5 meter adalah sepertiga dari 5 meter, atau 1,6 meter, yang berarti sekitar 60 inci dalam inci.

Oleh karena itu, Anda harus membeli TV HD 60 inci untuk mata Anda. Jika terlalu dekat, Anda akan melihat titik-titik piksel di TV, dan jika terlalu jauh, tidak nyaman untuk mata.

2. Pilih TV dengan tipe layar terbaru

Hal kedua yang perlu dipertimbangkan saat membeli TV berkualitas tinggi adalah jenis layarnya. Saat ini sudah banyak TV besar dengan jenis layar LED dan OLED.

BACA JUGA :   Review Samsung Galaxy S21 Ultra Tampilan Visual HDR10+

Secara umum, layar OLED dapat memberikan gambar yang lebih baik. Namun, satu hal yang perlu diingat saat membeli TV adalah kualitas layar TV.

Kualitas HD dan 4 K saat ini yang paling populer dan sangat bagus untuk di lihat dengan harga yang sangat terjangkau. Kedua istilah ini mengacu pada resolusi layar TV Anda, yang memengaruhi kejernihan gambar yang ditampilkan. Produk TV yang berbeda saat ini memiliki resolusi yang berbeda.

TV HD standar bisa memiliki resolusi hingga 720p, sedangkan TV lain bisa memiliki resolusi hingga 1080p untuk format HD (biasa disebut Full HD). Saat ini, resolusi tertinggi adalah TV Ultra HD dengan resolusi layar 4K (2160p).

3. Perhatikan port HDMI dan koneksi lainnya

Cara Mudah Memilih TV LED dan OLED Terbaik 2021. Hal lain yang perlu diperhatikan saat memilih TV adalah ketersediaan port HDMI dan fasilitas konektivitas lainnya. Hampir semua TV saat ini dilengkapi dengan fitur konektivitas lengkap seperti port USB, I/O RCA, HDMI, dan lainnya.

HDMI adalah port modern dan terhubung ke berbagai perangkat seperti Chromecast, Roku, Sound Bar dan menyediakan input video dari perangkat lain.

Untuk membeli TV, selain memilih TV berkualitas UHD, pastikan TV Anda memiliki minimal dua port HDMI 2.0 atau 2.0a, HDCP 2.2 dan decoding HEVC. Lebih banyak lebih baik.

BACA JUGA :   Spesifikasi Smartphone Apple iPhone 12 Perfeck Camera Selfie

4. Pertimbangkan Speaker Tambahan

Cara Mudah Memilih TV LED dan OLED Terbaik 2021. Menonton TV akan lebih berkesan dan menyenangkan, apalagi jika suara bass dan tweeter stabil. Sayangnya, beberapa TV menawarkan kualitas suara yang sama dengan home theater.

Sehingga banyak orang yang tergiur untuk menambah speaker. Namun, pemilihan speaker tambahan ini tidak bisa dilakukan sembarangan tanpa perhitungan.

Soundbar adalah pilihan yang lebih baik daripada membeli unit home theater yang sangat mahal. Soundbar juga dirancang untuk TV masa kini dan dapat digantung di dinding tepat di bawah TV.

5. Periksa refresh rate layar

Cara Mudah Memilih TV LED dan OLED Terbaik 2021. Saat membeli TV, jangan lupakan kecepatan refresh. Satu hal yang perlu diingat saat membeli TV adalah semakin tinggi kecepatan refresh, semakin baik layarnya. Refresh rate adalah berapa kali sebuah gambar “di-refresh” dalam satu detik.

Kecepatan refresh standar adalah 60 Hz, yang berarti bahwa gambar di layar “disegarkan” 60 kali per detik. Di bawah 60Hz gambar akan tampak berkedip-kedip, jadi kecepatan refresh yang lebih tinggi lebih baik.

Leave a Comment