Tips Mudah Memilih Harddisk Terbaik Khusus Gaming 2021

TWIBBONK.com – Tips Mudah Memilih Harddisk Terbaik Khusus Gaming 2021. Sebelum membeli harddisk gaming, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari kecepatan RPM, performa, daya tahan, kapasitas, cache, dan garansi.

Pertimbangan di atas sangat penting, sehingga hard drive yang Anda beli benar-benar merupakan pilihan terbaik untuk kebutuhan gameplay Anda. Seperti yang Anda ketahui, ada banyak hard drive gaming di pasaran yang kualitasnya jauh di bawah rata-rata.

Jika Anda masih bingung dengan ciri-ciri harddisk gaming terbaik, Anda bisa menggunakan tips berikut ini sebagai acuan dan patokan sebelum membeli harddisk gaming.

1. Kecepatan RPM

Kecepatan putaran per menit (RPM) hard drive Anda memiliki dampak besar pada kecepatan transfer data, dan hard drive terbaik untuk bermain game harus memiliki RPM tinggi yang berfungsi untuk mempercepat pemuatan game.

Selain itu, RPM tinggi dari hard drive game Anda akan mengurangi risiko lag/lag, yang akan menghasilkan latensi game yang lebih pendek dan peluncuran game yang lebih cepat.

2. Prioritaskan kinerja

Karena kinerja ditentukan oleh dua faktor: kecepatan dan keandalan rotasi, hard drive game yang cepat saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan game Anda.

BACA JUGA :   Review Samsung Galaxy S21 Ultra Tampilan Visual HDR10+

Tingkat tinggi dari kedua faktor ini dapat membuat hard drive game “high-end”. Dengan performa tinggi, Anda bisa secara otomatis mendapatkan hard drive terbaik untuk game Anda.

Keandalan di sini adalah jumlah minimum kesalahan dan kesalahan hard disk, termasuk korupsi sektor, kebisingan, dan frekuensi hard disk hang/freezes/jams.

Tidak ada cara lain untuk menentukan keandalan hard drive Anda selain dengan berkonsultasi dengan ulasan hard drive pengguna lain, hasil tes benchmark hard drive, dan profesional TI Anda.

3. Pertimbangkan umur hard drive

Daya tahan atau masa pakai adalah faktor yang tidak dapat dihilangkan saat membeli hard drive gaming (baik hard drive tradisional maupun SSD).

Masa pakai hard disk game ditentukan oleh Mean Time Before Failure (MTBF). MTBF hard drive biasanya 20.000 hingga 25.000 jam (2 hingga 3 tahun).

Tapi jangan khawatir. Ini tidak berarti bahwa hard drive yang Anda gunakan selama 3 tahun tidak dapat digunakan lagi. MTBF hanyalah proyeksi peningkatan risiko kerusakan hingga 50% setelah periode MTBF berakhir.

Jadi, jika Anda menggunakan hard drive Anda kurang dari 24 jam sehari, itu dapat memiliki umur yang jauh lebih lama. Jaminan daya tahan hard drive mungkin juga bergantung pada mereknya.

4. Kapasitas penyimpanan

Ketika game yang ingin Anda mainkan berukuran besar, kapasitas penyimpanan merupakan faktor yang sangat penting. Tentu saja, gamer tidak hanya dapat memiliki satu koleksi game, tetapi ratusan di antaranya.

BACA JUGA :   Spesifikasi HP Xiomi Keluaran Terbaru 2021

Game saat ini berukuran besar karena kualitas resolusi gambar yang mereka gunakan minimal 720p atau 4K. Jadi hard drive lama dengan kapasitas 20GB jelas tidak didukung.

Ruang yang dibutuhkan untuk bermain game sekarang setidaknya 320GB/500GB, jadi hard drive game besar di atas 1TB sekarang dapat dianggap sebagai suatu keharusan.

Kapasitasnya yang besar bisa menyimpan ratusan judul game dan file besar lainnya. Namun sayangnya hal ini tidak berlaku untuk harddisk tipe SSD yang masih belum menawarkan banyak pilihan kapasitas tinggi.

5. Kapasitas Memory Harddisk Terbaik Khusus Gaming

Tips Mudah Memilih Harddisk Terbaik Khusus Gaming 2021. Cache memori hard disk mempengaruhi kecepatan transfer data ke dan dari motherboard komputer, sehingga dapat dikatakan bahwa hard disk dengan cache yang lebih besar dapat dimuat dalam waktu yang jauh lebih singkat.

Jika Anda membutuhkan hard drive untuk bermain game, kami sarankan Anda membeli hard drive dengan cache 32MB/64MB atau minimal 16MB.

Harddisk dengan cache 8MB saat ini sudah tersedia di pasaran, namun sayangnya harddisk jenis ini masih kurang cocok untuk bermain game berat.

6. Pemeriksaan Garansi Harddisk Terbaik Khusus Gaming

Tips Mudah Memilih Harddisk Terbaik Khusus Gaming 2021. Garansi harddisk yang lama sangat penting karena mempengaruhi umur, keamanan data dan tentunya Anda tidak perlu khawatir.

BACA JUGA :   5 HP Realme Dengan Spesifikasi Tinggi 2021

Jika memungkinkan, belilah hard drive gaming dengan garansi lebih lama, misalnya lima tahun. Jika tidak, garansi 3 tahun sudah cukup.

Tetapi satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah bahwa hard drive gaming terbaik dengan garansi panjang biasanya dijual dengan harga yang jauh lebih tinggi.

7. Pilih Harddisk Terbaik Khusus Gaming sesuai kebutuhanmu

Tips Mudah Memilih Harddisk Terbaik Khusus Gaming 2021. Salah satu tip terakhir sebelum memutuskan untuk membeli harddisk gaming adalah dengan memilih kapasitas harddisk yang tepat untuk kebutuhan Anda. Jangan memilih yang paling mahal, dan jangan memilih berdasarkan apa yang benar-benar Anda butuhkan.

Pastikan juga satu perangkat hard disk hanya digunakan untuk file game dan tidak digunakan untuk menyimpan file lain atau bercampur dengan file sistem.

Leave a Comment