Ayo Ketahui! Alasan Kenapa Harus Memulai Bisnis di Usia Muda

TWIBBONK.com – Ayo Ketahui! Alasan Kenapa Harus Memulai Bisnis di Usia Muda. Pendiri Facebook Mark Zuckerberg adalah salah satu dari banyak orang yang memulai bisnis di usia muda. Dia baru berusia 20 tahun saat itu dan memulai situs jejaring sosial yang kini telah menjadi raksasa.

Dari sisi jumlah, potensi pemuda Indonesia sangat cerah. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk Indonesia saat ini 75,49 juta jiwa adalah 27,94% Generasi Z.

Sementara itu, milenial menyumbang 25,87% dengan 69,9 juta.

Untuk referensi, Generasi Z mengacu pada mereka yang lahir antara tahun 1997 dan 2012, dan Milenial mengacu pada mereka yang lahir antara tahun 1981 dan 1996.

Generasi muda bisa mendongkrak perekonomian jika produktif. Mungkin sebagian dari mereka beranggapan bahwa menjadi karyawan saja sudah cukup. Namun, ada juga yang bermimpi untuk memulai bisnis.

Apapun motivasi Anda untuk memulai bisnis, sekarang adalah waktu yang tepat untuk berada di usia 20-an atau 30-an. Mengapa?

Waktu yang Masih Panjang

Ayo Ketahui! Alasan Kenapa Harus Memulai Bisnis di Usia Muda. Mengutip laman Entrepreneur, memulai bisnis sesegera mungkin berarti peluangnya panjang. Dibutuhkan dua atau tiga putaran untuk memiliki perusahaan yang sukses.

Semakin banyak waktu yang Anda habiskan sebagai pengusaha, semakin baik manfaat jangka panjang Anda.

Setiap ide bisnis membutuhkan modal, jadi awasi keuangan Anda. Jangan biarkan bisnis yang Anda mulai membatasi Anda dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

BACA JUGA :   Ayo ketahui.! Manfaat Software Akuntansi Berbasis Cloud untuk Bisnis Anda

Harus Mengambil resiko

Ayo Ketahui! Alasan Kenapa Harus Memulai Bisnis di Usia Muda. Tidak peduli berapa usia kita dalam bisnis, investasi selalu awal, baik itu uang, waktu atau energi, jadi kita harus mengambil banyak risiko.

Jika Anda memulai di usia muda, Anda akan lebih toleran terhadap risiko. Ini berarti Anda masih punya banyak waktu untuk menebus kerugian Anda, terutama karena Anda tidak memiliki komitmen dan tanggung jawab di luar pekerjaan Anda.

Energi dan motivasi Bisnis

Ada banyak hal yang harus dilakukan ketika memulai sebuah startup. Namun, wirausahawan muda memiliki lebih banyak energi, motivasi, dan antusiasme daripada orang yang lebih tua.

Jiwa muda itu akan bertahan selama beberapa dekade yang akan datang. Tapi yang pasti adalah ketidakpastian.

Ide bisnis yang sukses tahun ini mungkin akan berbeda nasibnya 10 tahun dari sekarang. Namun, kaum muda cenderung lebih mudah beradaptasi.

Mudah beradaptasi

Ayo Ketahui! Alasan Kenapa Harus Memulai Bisnis. Orang muda cenderung lebih mudah beradaptasi. Selain itu, mereka kadang-kadang secara singkat dihadapkan pada aturan dan norma dunia kerja yang mengganggu.

Orang-orang berusia 20-an dan 30-an memiliki lebih banyak kesempatan untuk mengenali dan memahami teknologi terbaru dengan cepat. Selain itu, teknologi juga berkembang pesat.

Mengadopsi dan mengintegrasikan teknologi adalah salah satu cara bagi bisnis untuk bertahan hidup di dunia yang cepat berubah ini.

BACA JUGA :   Cara Sukses Menjadi Freelancer Dengan Mudah 2021

Perbanyak bisnis

Ayo Ketahui! Alasan Kenapa Harus Memulai Bisnis di Usia Muda. Seorang wirausahawan muda yang sangat mencintai dunia wirausaha pada akhirnya akan memiliki lebih dari satu usaha.

Tapi tidak ada kata terlambat untuk memulai bisnis. Menguntungkan orang lain adalah tujuan yang tidak boleh diabaikan saat berbisnis.

Kami mendengar banyak cerita tentang pengusaha sukses tetapi tidak berhasil. Tetapi kerendahan hati adalah kunci untuk menghadapi situasi apa pun.

Saat mulai memimpin sebuah perusahaan, selalu introspeksi diri apakah Anda seorang pemimpin yang rendah hati, dengarkan karyawan Anda dan tetap sederhana.

Menurut sebuah studi Catalyst yang dikutip oleh Forbes, kerendahan hati adalah salah satu faktor kepemimpinan yang menciptakan lingkungan kerja yang memotivasi bagi karyawan.

Sebuah survei global juga menemukan bahwa perilaku altruistik bos cenderung menilai karyawan lebih tinggi.

Leave a Comment