Ayo Pahami! Apa Itu Dividen di Pasar Modal dan Perhitungannya

TWIBBONK.com – Ayo Pahami! Apa Itu Dividen di Pasar Modal dan Perhitungannya. Pasar modal memiliki berbagai istilah teknis dan non-teknis. Dividen sangat sering di bicarakan di pasar modal dan sudah banyak orang yang tau tentang dividen ini. Dividen adalah apa yang paling diharapkan investor dari investasi saham.

Jenis dividen sendiri terbagi menjadi beberapa jenis tergantung dari jenis saham yang dimiliki investor. Pembagian dividen juga ditentukan berdasarkan jangka waktu tertentu sesuai dengan kebijakan yang ada di dalam perusahaan. Setiap investor tahu berapa banyak dividen yang bisa mereka dapatkan dari formula.

Pengertian Dividen

Bursa Efek Indonesia

Ayo Pahami! Apa Itu Dividen di Pasar Modal dan Perhitungannya. Situs resmi Bursa Efek Indonesia menyatakan bahwa dividen adalah keuntungan perusahaan atau keuntungan yang dibagikan kepada pemegang saham menurut keputusan direksi. Jenis saham ini sudah di atur dalam ketentuan yang harus di patuhi.

Jamie Pratt

Ayo Pahami! Apa Itu Dividen di Pasar Modal dan Perhitungannya. Pakar dari jamie pratt menurutnya saham membagi profit atau properti yang saling menguntungkan. Jumlah dividen diungkapkan setiap triwulan berdasarkan saham yang dimiliki dan ditentukan oleh dewan direksi

D Kimmel Jerry J dkk

BACA JUGA :   Ide Bisnis Kreatif Modal Minim Yang Wajib di Coba 2021

D Kimmel Jerry J dkk menjelaskan dividen sebagai pembagian keuntungan perusahaan kepada pemegang saham yang pembagiannya dihitung secara proporsional dengan jumlah pemegang saham. Dengan kata lain, investor memperoleh keuntungan perusahaan sesuai dengan persentase modal yang ditanamkan di perusahaan.

Nicky Porus K Laopodis

Dividen didefinisikan sebagai pembayaran tunai perusahaan yang disediakan bagi pemegang saham oleh Nikiforous K Laopodis. Jumlah dividen mencerminkan jumlah saham yang dimiliki untuk diinvestasikan di perusahaan.

Berdasarkan beberapa definisi dividen di atas, dapat disimpulkan bahwa dividen adalah keuntungan yang dibagikan perusahaan secara proporsional kepada pemegang sahamnya sebagai imbalan atas penyertaan perusahaan dalam ekuitas.

Perhitungan Dividen Saham

Rasio pembayaran dividen

Ada tiga komponen penting yang perlu dipertimbangkan ketika menghitung dividen untuk metode ini. Artinya, rasio pembayaran dividen (DPR) dan jumlah saham yang beredar, laba bersih perusahaan atau laba per saham (earning per share).

  • Dividend Payout Ratio adalah rasio yang digunakan untuk menggambarkan persentase keuntungan yang dibagikan secara tunai kepada pemegang saham.
  • Jumlah saham yang diterbitkan adalah jumlah saham yang diterbitkan secara publik. Kursi saham ini dimiliki oleh investor individu serta investor institusi dan semua pedagang.
  • Laba per saham, atau earning per share, dihitung sebagai laba bersih perusahaan untuk periode tertentu dibagi dengan jumlah saham yang dikeluarkan untuk masyarakat.

Rumus perhitungan rasio pembayaran dividen

  • Hitung total dividen yang akan dibagikan dengan menggunakan rumus berikut:
BACA JUGA :   Cara Membaca Arah Bisnis Saat Pandemi Covid-19

Hal yang tidak mudah untuk di pahami, tetapi anda harus bisa walaupun itu sangat sulit untuk di jangkau.

  • Hitung dividen per saham menggunakan rumus berikut:

Laba per Saham = Total Dividen: Jumlah Saham Yang Diterbitkan

  • Hitung jumlah dividen yang diterima investor menggunakan rumus berikut:

Tanggal Pembayaran Dividen

Tanggal Penting Yang Harus di Ketahui

  1. Tanggal pengumuman adalah tanggal perusahaan mengumumkan akan membagikan dividennya dan nilai dividen per saham yang akan diterima investor.
  2. Tanggal kumulatif, atau dividen kumulatif, adalah tanggal yang ditetapkan sebagai tenggat waktu bagi investor untuk membeli saham tertentu yang berhak atas dividen.
  3. Ex-dividend date atau ex-dividend date adalah hari setelah tanggal kumulatif penjualan pertama kewajiban non-dividen.
  4. Tanggal pencatatan, juga dikenal sebagai tanggal pencatatan atau tanggal pencatatan, adalah tanggal yang digunakan perusahaan untuk mencatat penerima dividen.
  5. Tanggal pembayaran adalah tanggal di mana dividen dibayarkan kepada investor secara proporsional dengan saham. Tanggal pembayaran biasanya berlangsung 10 hari setelah dividen tetap.
  6. Dividen yang dibagikan dalam bentuk tunai langsung dipotong pajak penghasilan (PPh) 10%.

Jenis Dividen saham

Dividen khusus

Ayo Pahami! Apa Itu Dividen di Pasar Modal dan Perhitungannya. Dividen khusus dibayarkan kepada pemegang saham biasa. Jenis ini dikeluarkan dalam keadaan tertentu, seperti keuntungan perusahaan yang terakumulasi selama beberapa tahun.

Dividen prioritas

Ayo Pahami! Apa Itu Dividen di Pasar Modal dan Perhitungannya. Seperti namanya, dividen ini dibayarkan ke saham preferen, jumlahnya tetap, dan dibayarkan setiap tiga bulan.

BACA JUGA :   Ayo Kenali Apa Itu.! Konsep Penting Akuntansi Dalam Bisnis

Dividen tunai

Dividen tunai tersedia bagi investor melalui transfer kawat elektronik atau cek.

Dividen Aset

Menawarkan dividen dalam bentuk aset atau aset masih jarang dilakukan oleh perusahaan.

Dividen Saham

Perusahaan yang membagikan dividen saham menerbitkan saham baru kepada pemegang sahamnya.

Dividen saham biasa

Jenis dividen ini biasanya dalam bentuk pendapatan saham biasa yang dibayarkan perusahaan dari pendapatan kumulatifnya.

Leave a Comment