Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Download Tertunda di PlayStore

TWIBBONK.com – Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Download Tertunda di PlayStore . Bagi pengguna perangkat dengan sistem operasi Android, kehadiran Google Play Store sangat penting untuk manfaat dan kelancaran banyak tugas. Untuk menginstal aplikasi, cukup buka sendiri, tunggu beberapa menit hingga terinstal dan Anda akan langsung siap menggunakannya.

Namun, tidak banyak orang yang kesal ketika unduhan dari Playstore tiba-tiba tertunda. Bilah persentase unduhan tidak berfungsi bahkan ketika terhubung ke sinyal internet. Apakah Anda mengalami hal serupa baru-baru ini?

Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Download Tertunda di PlayStore. Playstore memiliki unduhan yang tertunda. Beberapa kemungkinan di bawah ini bisa menjadi penyebab masalah ini.

  • Koneksi internet. Dalam hal ini, kami menyarankan Anda untuk memeriksa paket kuota internet. Koneksi mungkin tidak stabil karena penggunaan FUP melebihi batas.
  • Unduh aplikasi lain secara bersamaan. Keterlambatan mengunduh dari Play Store meskipun banyak aplikasi berbeda di gudang juga disebabkan oleh fakta bahwa ada aplikasi lain yang masih diinstal atau diperbarui.
  • Aplikasi yang sedang diunduh akan diantrekan dan dapat berjalan secara otomatis setelah unduhan sebelumnya selesai.

Jumlah memori internal. Jika ini alasannya, memori internal ponsel Anda mungkin penuh. Oleh karena itu, aplikasi yang akan diunduh tidak dapat berjalan dengan lancar. Pemberitahuan tertulis ditampilkan saat kapasitas memori rendah.

Cara mengatasi download tertunda dari playstore

Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Download Tertunda di PlayStore agar tidak lagi mengalami masalah saat mendownload aplikasi. Langkah-langkahnya tidak serumit yang Anda bayangkan dan bisa diselesaikan dalam hitungan detik.

BACA JUGA :   Spesifikasi Terlengkap HP vivo iQOO Neo Terbaru

1. Hubungkan dengan koneksi WiFi

Koneksi internet provider yang tidak stabil mungkin menjadi salah satu penyebab keterlambatan download dari Playstore. Jika Anda berada di area yang terjangkau oleh WiFi, manfaatkan koneksi tersebut. Terkadang mereka tidak menyebutkan paket data providernya, tapi walaupun batas FUP turun, setidaknya koneksi melalui WiFi lebih bisa diandalkan.

2. Perbarui versi terbaru dari Google Play Store

Play Store, sumber dari mana aplikasi Android diunduh, juga rentan terhadap bug. Ini juga bisa menjadi alasan mengapa begitu banyak unduhan yang tertunda di Playstore terpengaruh.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda juga harus memperbarui Play Store ke versi terbaru. Berikut langkah-langkah mudahnya.

Buka Play Store dan klik ikon segitiga di pojok kiri atas.
Pilih Pengaturan > Versi Play Store dan tekan beberapa kali hingga opsi pembaruan muncul. Kemudian tunggu hingga proses selesai.

3. Hapus Cache Play Store

Banyak orang suka mengunduh aplikasi baru dan kemudian mencopotnya ketika mereka tidak menyukainya. Kebiasaan ini terbukti memengaruhi cache penuh dan juga memengaruhi kinerja Play Store. File sampah ini juga dapat menyebabkan penundaan unduhan.

Cara mengatasi unduhan tertunda dari playstore yang mungkin berlaku adalah dengan menghapus cache playstore di pengaturan ponsel Anda. Ikuti giliran ini:

Setelan > Aplikasi

Klik di Google Play Store dan ketuk opsi Hapus Cache.
Ini bisa lebih ringan saat menjalankan Play Store setelah membersihkan file sampah Anda. Penyebab keterlambatan unduhan Play Store telah teratasi. Coba unduh aplikasi yang tertunda. Ia bekerja dan berjalan lancar lagi.

BACA JUGA :   Ayo Ketahui.! Fitur Utama Dari Perangkat Lunak Aplikasi Akuntansi

4. Periksa memori internal

Apakah Anda mendapatkan pemberitahuan bahwa memori internal Anda penuh saat mengunduh aplikasi? Bisa dibilang, inilah penyebab utama keterlambatan download dari Playstore. Jika Anda tidak memiliki ruang di ponsel, Anda tidak akan dapat menginstal aplikasi baru dari Play Store.

Satu-satunya solusi yang dapat Anda lakukan segera adalah memeriksa ruang penyimpanan memori Anda dan menghapus file yang tidak lagi Anda perlukan. Anda dapat memulai dengan memeriksa aplikasi yang diinstal. Jika Anda belum membukanya dalam 3 bulan terakhir, Anda dapat mempertimbangkan untuk menghapusnya. Bila Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup, coba unduh aplikasi baru.

5. Restart HP sebentar

Jika pada poin sebelumnya di Playstore semua metode penanganan download yang tertunda masih tidak berhasil, Anda bisa mencoba me-restart smartphone Anda. Proses reboot ini dapat menyegarkan HP yang sebelumnya sibuk menjalankan aplikasi non-stop.

Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Download Tertunda di PlayStore Setelah restart, buka Google Play Store dan unduh aplikasi yang diinginkan. Saat kondisi di-refresh, Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Download Tertunda di PlayStore yang sebelumnya tertunda kembali normal. Jika Anda masih tidak bisa melakukannya, Anda harus menundanya selama beberapa hari. Biasanya pekerjaan berjalan seperti sebelumnya, tidak terduga.

Nah, jika unduhan yang tertunda tiba-tiba menjadi kendala di Playstore, Anda tidak perlu panik lagi. Ikuti langkah-langkah di atas. Jika tidak ada perubahan selama beberapa hari, ada dua solusi yang bisa Anda pertimbangkan.

BACA JUGA :   Tips Mudah Memperbaiki Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Leave a Comment