Bisnis Layanan Pesan Antar Dan Panduan Menjalankan nya

TWIBBONK.com – Bisnis Layanan Pesan Antar Dan Panduan Menjalankan nya. Bisnis kurir modern akan menjadi peluang yang menjanjikan jika dijalankan dengan strategi yang baik dan kemauan yang kuat.

Gojek dan Grab kini menjadi pemimpin dalam layanan pesan-antar makanan atau pembelian lainnya.

Namun, selama Anda bisa bersaing dengan menawarkan harga yang lebih murah dari layanan tersebut, masih ada peluang bagi Anda yang ingin membuat layanan pesan antar, terutama di kota kecil atau daerah.

Sementara beberapa lokasi mulai memanfaatkan teknologi dan jaringan pemasaran yang ada, layanan pengiriman yang berbasis di beberapa lokasi atau distrik kini telah berkembang.

Cukup dimulai dengan pamflet digital yang berisi informasi sepeda motor, gadget, nomor Whatsapp dan nama layanan, nomor kontak, dan skema harga pesanan.

Sangat mudah bukan? Begini cara memulai dan menjaga kelangsungan layanan pengiriman ini.

Terlepas dari harga layanan teman saya, terlepas dari harga layanan teman saya, saya sebenarnya melihat banyak pelanggan yang sudah setia menjadi kecewa dan memilih platform mainstream seperti Go-Jek dan Grab, seperti beberapa teman yang mencoba membuka kurir sempat kesulitan menjaga performa pelayanan, murah tapi tanggal 7 bulan lalu tidak konsisten dalam hal pelayanan.

Sekalipun itu tugas yang mudah, jika Anda tidak melakukannya secara konsisten dan serius, Anda tidak akan bisa menciptakan apa pun.

BACA JUGA :   Tips Memulai Bisnis Franchise Makanan Keuntungan Besar

Jadi pertama-tama Anda harus jelas tentang apa yang akan Anda lakukan, dan setidaknya membaca ulasan di Bisnis.blog untuk merasa lebih percaya diri dan bertekad untuk melakukan bisnis jasa pengiriman ini.

Berikut beberapa peluang bisnis jasa pengiriman dan tips operasionalnya. Yuk simak penjelasannya.

1. Bisnis layanan pesan antar harus mempunyai tekad yang kuat

Mengapa saya harus begitu bertekad? Siapapun yang pernah menggunakan driver Gojek atau Grab pasti tahu bagaimana melayani pelanggan dalam jumlah banyak dengan kepribadian yang berbeda-beda.

Misalnya, Anda meminta untuk membeli sesuatu dari toko, tetapi mereka tidak ada di sana. Dia memberitahu Anda untuk mencari toko lain, tetapi dia tidak menemukan apa yang Anda butuhkan.

Akibatnya, pesanan dibatalkan. Bagaimana perasaanmu? Jika Anda tidak memiliki kemauan yang kuat, Anda akan cepat menyerah jika Anda mengulangi hal-hal ini berulang-ulang.

2. Bisnis layanan pesan antar harus mempunyai supir pengantar

Pemimpin dalam layanan pengiriman adalah pengemudi. Tanpa pengemudi, layanan tidak dapat dilakukan.

Jika Anda tidak mampu secara finansial untuk mempekerjakan seorang karyawan, Anda dapat menyetir sendiri, atau jika Anda menjalankan bisnis dengan tiga atau empat orang, Anda semua bisa menjadi pengemudi.

Bahkan jika Anda mampu membayar karyawan Anda, Anda dapat mempelajari cara kerja proses layanan ini jika Anda mulai berkencan secara langsung.

3. Bisnis layanan pesan antar harus menentukan tarif

BACA JUGA :   Ayo Kenali.! Apa Itu WebTrader dan Jenis - jenisnya

Karena Anda bersaing dengan layanan yang dikenal, Anda harus dapat bersaing dengan mereka. Salah satunya dengan mengenakan tarif yang lebih rendah dari pesaingnya, bahkan jika 500 rupiah berdampak pada sentimen konsumen.

Saat ini, kedua startup layanan tersebut menerapkan tarif normal setelah menghabiskan waktu yang lama untuk menarik konsumen dengan menerapkan gratis ongkos kirim.

4. Bisnis layanan pesan antar Penetapan SOP

Ada dua aspek prosedur operasi standar yang perlu diputuskan: proses pemesanan oleh konsumen dan proses pelayanan dari pengemudi ke konsumen.

Tentukan aliran pesanan. Sebagai contoh, sebuah pesanan ditempatkan di nomor whatsapp pengelola kemudian diteruskan ke pengemudi dan pengelola memberi tahu konsumen bahwa pesanan sedang diproses.

Proses layanan kemudian harus menekankan kepada pengemudi bahwa pesanan harus dikonfirmasi ke pelanggan dan kemudian menginformasikan proses layanan apakah masih menunggu atau diantar ke tujuannya.

5. Buat aplikasi smartphone

Kini, aplikasi sederhana berbasis Android yang membuat aplikasi yang bisa dilakukan siapa saja menjadi pilihan untuk membuat bisnis jasa pengiriman Anda terlihat lebih profesional dan terpercaya.

Anda baru saja memulai layanan radius lokal, tetapi Anda dapat dengan mudah mengetahui layanan apa yang tersedia dengan menggunakan aplikasi.

Jika fitur obrolan tidak tersedia di aplikasi, Anda dapat mengatur proses obrolan agar berlangsung melalui WhatsApp. Ini akan mengurangi ukuran aplikasi Anda, sehingga calon pelanggan Anda tidak akan keberatan mengunduh 10MB atau 15MB.

BACA JUGA :   Ketahui.! Manfaat Penerapan Gamification di Dalam Perusahaan

Jika Anda tidak memiliki alokasi dana untuk membuat aplikasi, kami dapat memberikan Anda nomor whatsapp khusus untuk layanan pengiriman.

Siapkan dengan akun whatsapp bisnis dan sediakan template pemesanan. Jadi, ketika pelanggan mengobrol di nomor tersebut, otomatis dijawab dalam bentuk template detail pesanan.

Ini memudahkan administrator untuk mengelola daftar pesanan dan meneruskannya ke driver untuk dieksekusi. Mudah?!

Leave a Comment