Langkah dan Cara Mudah Memulai Bisnis Travel 2021

TWIBBONK.com – Langkah dan Cara Mudah Memulai Bisnis Travel 2021. Industri travel merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan saat ini, seiring dengan kemudahan transportasi dan fenomena travel yang sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia.

Anda harus memamerkan foto yang sangat menarik pada saat anda di perjalanan atau pun di tempat wisata, akan membuat seorang travelling tertarik dengan bisnis anda.

Indonesia memiliki laut, gunung, danau, dan budaya yang beragam, sehingga menjadi destinasi yang sangat menarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara untuk dikunjungi.

Setiap daerah memiliki potensi wisatanya masing-masing, jadi di mana pun Anda berada, beragam potensi tersebut dapat Anda cakup dalam satu paket wisata. Wisata antar daerah atau kota.

Sayangnya, tidak semua orang bisa memanfaatkan kesempatan ini. Saat ini banyak sekali orang yang belum tau dengan bisnis trvale ini dan ada juga sebagian orang berfikir bisnis ini beresiko seperti keselamatan penumpang, kendaraan, perubahan jadwal yang tidak teratur, dll.

1. Pilih jenis bisnis travel

Pemula sebaiknya memilih bisnis travel yang cocok dan mudah dioperasikan. Bisnis perjalanan yang umum ditemukan biasanya mencakup perjalanan dalam kota, antar kota, atau antar provinsi.

Faktanya, sebagian besar agen perjalanan yang mengoperasikan agen perjalanan adalah untuk liburan di dalam dan luar negeri.

Faktanya, bisnis travel tidak hanya untuk perjalanan liburan, tetapi juga persyaratan lain seperti pengurusan visa yang diatur dalam bisnis ini.

BACA JUGA :   Ayo Ketahui! Apa Itu Pasar Modal dan Instrumen Investasinya

Pemula memilih setidaknya satu ceruk perjalanan, atau memilih pasar yang dapat menawarkan pengalaman berbeda kepada konsumen dengan menggabungkan banyak produk perjalanan dalam satu paket yang menarik, seperti paket objek wisata yang unik.

Bisnis travel menjawab kebutuhan sektor pariwisata dari hulu hingga hilir karena semuanya saling terkait. Beberapa dari mereka adalah:

  • tiket bisnis travel

Ini termasuk penjualan tiket pesawat, kereta api atau kapal. Saat ini banyak agen besar yang mencari mitra untuk membuka kantor penjualan tiket di wilayahnya.

Beberapa dari mereka rela berkolaborasi secara gratis, menggunakan sistem bagi hasil untuk tarif penjualan tiket.

  • lalu lintas turis bisnis travel

Beberapa perusahaan hanya fokus pada penyediaan jasa transportasi wisata, biasanya berupa bus yang menawarkan paket perjalanan antar kota dalam satu pulau.

Bisa juga antar pulau, misalnya pada wisata SMA yang sering menggunakan bus untuk menyeberang ke pulau Bali.

  • paket tur bisnis travel

Pilihan paket wisata harus bervariasi antar kota tetangga atau antar kota dalam satu provinsi, bahkan hingga satu pulau.

Masing-masing harus disertai dengan deskripsi objek wisata yang jelas dan perkiraan waktu seluruh perjalanan.

Sertakan juga pilihan biaya Anda, apakah itu paket perjalanan tanpa makan atau paket lengkap dengan tiga kali makan di lokasi yang Anda telah bermitra dengan agen perjalanan Anda.

  • penyedia layanan pemandu wisata
BACA JUGA :   Penjelasan Lengkap E-Commerce, Jenis, dan Marketplace di Indonesia

Seorang pemandu wisata atau tour guide tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kegiatan pariwisata.

2. Kerjasama dengan Agen travel besar

Jika Anda tidak memiliki cukup modal untuk memulai bisnis travel, jangan khawatir. Anda dapat bergabung dengan agen perjalanan sebagai asisten agen.

Yang perlu Anda lakukan di sini adalah membantu mempromosikan dan menjual produk dari agen perjalanan terkait.

Dengan mendaftar sebagai agen, Anda dapat memperoleh pengalaman perjalanan dan mempelajari cara membuat promosi paket perjalanan yang unik untuk melibatkan konsumen.

3. Peta lokasi wisata yang paling menarik

Jika Anda memilih untuk melakukan bisnis jasa perjalanan, cobalah memetakan objek wisata yang ingin Anda tawarkan.

Setiap daerah pasti memiliki destinasi wisata, dapat berupa wisata asli yang berasal dari alam, atau dapat berupa wisata buatan, seperti taman rekreasi atau taman hiburan. Bisa juga berupa wisata sejarah dan wisata gastronomi.

4. Siapkan nama bisnis travel anda

Selanjutnya, buat nama (merek) untuk perjalanan Anda. Jadikan nama atau merek bisnis Anda mudah diingat, tidak dapat dipasarkan, atau mudah didengar (mendapatkan telinga) atau mudah dilihat (mencolok).

Hal ini penting agar brand bisnis travel Anda mudah dikenali dan diingat orang. Anda harus membuat nama yang mudah di ingat orang dan jngan terlalu sulit. Jika anda sudah populer dan nama anda sudah terdengar di mana – mana itu akan sangat berguna dan memudah kan bisnis travel anda.

BACA JUGA :   Cara Mudah Menjadi Reseller Profesional dan Sukses 2021

5. Menawarkan berbagai paket wisata

Setelah Anda mengumpulkan apa yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis ini, buatlah paket untuk dipilih oleh prospek Anda.

Namun, akan lebih menarik untuk menawarkan banyak alternatif kepada konsumen. Karena mereka memiliki pilihan dan pertimbangan untuk dipilih.

Paket bisa beberapa hari, dan semakin lama atau lebih tanggal yang Anda pilih, semakin murah harganya.

Leave a Comment