8 Cara Mudah Merawat Motor Matic Injeksi dan Karburator

TWIBBONK.com – 8 Cara Mudah Merawat Motor Matic Injeksi dan Karburator, Perawatan sepeda motor harus dilakukan secara rutin untuk memastikan sepeda motor Anda selalu dalam kondisi baik. Hal ini juga berlaku untuk sepeda motor matic dengan mesin injeksi atau karburator. Perawatan sepeda motor matic tidak ada bedanya dengan sepeda motor atau motor sport. Dimana perawatan rutin harus selalu dilakukan untuk mencegah kerusakan yang tidak diinginkan.

Semua orang menginginkan sepeda motornya dapat dikendarai dengan nyaman dan terhindar dari kerusakan mesin atau bagian lainnya. Inilah sebabnya mengapa kita membutuhkan perawatan motor matic secara rutin. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui kondisi sepeda motor, sehingga sering dibiarkan begitu saja tanpa perawatan.

Toh, merawat motor matic sangat mudah dan tidak terlalu mahal. Di akhir masa pakainya, Anda akan membutuhkan uang setidaknya untuk membeli oli atau mengganti suku cadang yang rusak. Semua bagian motor harus memiliki umur. Jika sudah terlalu tua, harus diganti dengan yang baru.

Tentunya pada sepeda motor matic yang tidak pernah dirawat, komponennya cepat rusak. Beberapa komponen juga perlu diganti sebelum mencapai akhir masa pakainya. Untuk menghindarinya, kami sarankan untuk meluangkan waktu sejenak dan melakukan perawatan rutin pada motto yang kami miliki. Lantas bagaimana cara merawat motormatic yang benar? Jadi lihat di bawah untuk mempelajari caranya.

BACA JUGA :   Warna Terbaru Dari Motor Yamaha XSR155 VVA 2021

Cara Mudah Merawat Motor Matic injeksi Tahan Lama

1. Ganti oli motor matic injeksi secara teratur

Sudah menjadi kewajiban semua pemilik matic, termasuk motor injeksi dan karburator, untuk mengganti oli secara rutin. Tujuannya untuk mencegah terjadinya korosi dan keausan pada komponen mesin sehingga motor dapat dikendarai dengan nyaman. Penggantian oli juga mencegah mesin dari panas berlebih, merusak komponen mesin dan menghabiskan lebih banyak konsumsi bahan bakar.

2. Memilih oli motor matic ijnjeksi yang tepat

Anda dapat memilih oli motor matic terbaik di Indonesia, seperti oli buatan Motul, Federal, Yamalube, Shell Advance Scooter dan lainnya. Setiap jenis oli memiliki sifat yang berbeda-beda yang harus disesuaikan dengan spesifikasi motormatic anda sendiri. Masbro sebaiknya memilih oli dengan tingkat kekentalan yang sesuai yang direkomendasikan oleh masing-masing pabrikan. Artinya oli tidak boleh sembarangan dipilih, karena sangat mempengaruhi performa dan kesehatan mesin.

3. Lakukan pemanasan mesin motor matic injeksi secara teratur di pagi hari

Tujuan pemanasan mesin automotor adalah untuk memastikan bahwa oli mencapai suhu optimal saat melumasi semua bagian mesin, sehingga semua komponen mesin dapat berfungsi secara optimal. Masbro hanya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit agar motor siap digunakan. Kegagalan untuk mengikuti praktik perawatan motor otomatis ini dapat mengakibatkan motor menjadi sempit dan tenaga berkurang.

BACA JUGA :   Spesifikasi Harga Dari Mobil Daihatsu Rocky 1.2

4. Jangan habis bensin

Banyak orang mengira kehabisan bensin akan merusak motor injeksi otomatis. Sebenarnya anggapan ini salah. Karena kekurangan bensin tidak berpengaruh pada kondisi mesin. Tapi alangkah baiknya jangan sampai kehabisan bensin yang otomatis membuat motor mati atau tidak mau hidup.

5. Periksa kondisi setengah vanbelt dan roller

Motormatic membutuhkan Vanbelt untuk menghubungkan mesin ke roda. Sabuk van terbuat dari karet dan dapat pecah sewaktu-waktu seiring bertambahnya usia. Masa pakai sabuk van adalah sekitar 20.000-25.000 km. Jadi, jika Anda lewat, cara paling tepat untuk merawat motor matic adalah dengan mengganti Vanbelt. Selain itu, jangan lupa untuk mengecek kondisi roller yang merupakan bagian dari Vanbelt.

6. Penggunaan bahan bakar berkualitas 

Cara merawat motor matic selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan bakar yang berkualitas baik. Masbro harus menggunakan bahan bakar pada tingkat oktan yang direkomendasikan oleh pabrikan. Semakin tinggi kandungan oktan atau ron bahan bakar, semakin baik kualitasnya. Namun, bagi pengguna sepeda motor matic dengan mesin hingga 150cc cukup menggunakan Pertalite atau Pertamax. Untuk 250cc ke atas, kami sarankan menggunakan Pertamax atau Pertamax Turbo.

7. Ganti oli shock breaker

Kenyamanan motor matic sangat tergantung pada shockbeakernya. Jika shock breaker tidak dirawat maka oli di dalamnya akan mengering dan shock breaker akan terasa keras dan kurang lembut. Oleh karena itu disarankan untuk mengganti oli shock sepeda motor setiap 10.000 km untuk memastikan shock breaker selalu dalam kondisi baik. Sobat juga bisa mengganti shock bawaan dengan shock kualitas tinggi seperti yang dibuat oleh Ohlins atau YSS.

BACA JUGA :   Spesifikasi Motor Honda Monkey Reborn

8. Penggunaan nitrogen

Perawatan ban juga sangat penting. Jika ban botak, sebaiknya segera diganti. Disarankan juga untuk menggunakan nitrogen agar udara di dalam ban lebih stabil.

Leave a Comment