Fungsi dan Cara Perawatan Busi Motor 2021

TWIBBONK.com – Fungsi dan Cara Perawatan Busi Motor 2021, anda harus tau apa itu busi dan jenis – jenis nya. Busi bisa dikatakan sebagai salah satu komponen terpenting dalam sistem pengapian mobil. Tugas utamanya adalah menghasilkan percikan api di ruang bakar mesin yang dikompresi oleh campuran bensin dan udara.

Komponen ini tidak bisa dianggap enteng. Jika rusak, sistem pengapian akan bekerja tidak sempurna. Risiko kerusakan busi juga sangat tinggi dan tentunya sangat merugikan pemilik mobil. Itu sebabnya busi harus dalam kondisi baik setiap saat agar berfungsi dengan baik. Jadi apa yang dilakukan busi motor?

Jenis, fungsi dan perawatan busi motor 

Seperti disebutkan di atas, busi bertanggung jawab untuk menciptakan percikan di ruang bakar mesin yang terjadi pada akhir langkah kompresi. Percikan berasal dari koil pengapian, menciptakan api di kedua ujung elektroda busi. Busi kemudian dapat membakar campuran udara-bahan bakar untuk menyalakan mesin.

Beban kerja yang terganggu oleh busi sangat berat. Komponen-komponen tersebut harus mampu menahan suhu mesin dan getaran yang terjadi selama pembakaran mesin. Anda harus selalu cek dan merawat busi anda agar terhindar dari masalah pada motor anda.

Penyebab Kerusakan Busi Motor

Seperti bagian mesin lainnya, busi memiliki masa pakai. Umur rata-rata busi sepeda motor adalah 8.000 hingga 10.000 km. Namun, busi sering rusak oleh faktor-faktor seperti:
Busi anda rusak di sebabkan pada pemasangan busi yang tidak tepat. Biasanya hal ini terjadi karena ulir busi rusak dan pemasangan busi terlalu longgar. Ketika masalah ini terjadi, kekuatan motor mungkin melemah atau melemah.

BACA JUGA :   Kelebihan Honda Scoopy Tahun 2021

Ada nya kebocoran pada mesin juga bisa menjadi penyebab mati nya motor anda. Kebocoran tersebut menyebabkan hilangnya tekanan di ruang bakar mesin, yang secara otomatis menyebabkan pembakaran bekerja kurang optimal.

Penyebab kerusakan busi motor selanjutnya adalah bahan bakar yang tidak sesuai dan busi mendapatkan bensin yang terlalu banyak. Hal ini juga membuat konsumsi bahan bakar semakin boros dan akan mematikan busi jika dibiarkan menyala.

Ini adalah beberapa faktor yang merusak busi motor. Padahal, hal ini bisa diminimalisir dengan melakukan perawatan rutin agar busi tetap bersih.

Jenis dan Fungsi Busi Motor Penggunaan busi panas dan dingin sebaiknya disesuaikan dengan jenis motor yang digunakan. Hal ini sangat penting untuk memastikan busi motor berfungsi secara optimal. Nah, yuk simak informasi berikut ini untuk mengetahui apa saja perbedaannya.

1. Busi panas

Perbedaan antara busi panas dan busi dingin adalah panjang isolasinya. Busi yang panas akan lebih bagus dan tidak akan mati tapi jangan sampai terkena air.

2. Busi dingin

Keuntungan busi dingin adalah mereka menghilangkan panas lebih cepat dan membuatnya lebih mudah dingin karena insulasinya lebih pendek.

suku cadang busi sepeda motor

1. Isolator keramik

Untuk menahan elektroda tengah menggunakan dengan isolator keramik. Ini juga berfungsi sebagai isolator antara elektroda pusat dan perumahan atau casing.

BACA JUGA :   Berikut Pilihan Warna Dari Motor Honda Vario 150 eSP Terbaru 2021

2. Rumah atau kasing

Fungsi housing atau casing ini adalah untuk melindungi atau menopang isolator keramik.

3. Elektroda

Bagian dari ekktroda ini memiliki berbagai komponen yang harus anda ketahui di bawah ini:

  • Sumbu tengah: Memungkinkan arus mengalir dan menghilangkan panas dari elektroda.
  • Segel kaca: berfungsi untuk menciptakan kerapatan antara isolator keramik dan poros tengah.
  • Inti tembaga : berfungsi untuk membuang panas dari elektroda dan juga memungkinkan ujung isolator menjadi dingin dengan cepat.
  • Elektroda tengah: bertindak sebagai generator loncatan bunga api.

Cara membuat busi motor lebih tahan lama

Oleh karena itu, disarankan agar Anda mengikuti langkah-langkah perawatan busi Anda agar tidak cepat rusak.

  • Langkah pertama dalam merawat busi adalah melepasnya dari kepala silinder.
  • Sebelum itu anda harus melepas kabel yang ada pada kepala busi.
  • Setelah busi dilepaskan, Anda melihat tumpukan arang yang menekan percikan api.
  • Bersihkan agar arang tidak mengganggu pembakaran mesin.
  • Jika elektroda busi sudah aus, bisa segera diganti atau dilakukan dengan yang baru.

Leave a Comment