Pengertian, Manfaat dan Jenis Asuransi Mobil 2021

TWIBBONK.com – Pengertian, Manfaat dan Jenis Asuransi Mobil 2021, mobil adalah salah satu alat transportasi yang paling penting jauh dari rumah. Ada berbagai jenis transportasi umum, tetapi jika Anda memiliki alat transportasi sendiri, akan lebih mudah untuk bergerak. Apalagi di kota besar seperti Jakarta, memiliki kendaraan pribadi memudahkan pekerjaan.

Bentuk perawatan mobil yang paling sering dilakukan adalah dengan menjaganya agar tetap dalam kondisi baik untuk digunakan. Salah satu bentuk perawatannya adalah asuransi mobil. Polis asuransi ini menjamin kerusakan pada mobil Anda. Apa keuntungan dari asuransi mobil? Seperti yang akan kita bahas di bawah ini, pertama-tama kita perlu memahami apa yang dimaksud dengan asuransi mobil.

Apa itu asuransi mobil?

Asuransi didefinisikan sebagai suatu kontrak di mana penanggung mengadakan jaminan dengan tertanggung dengan imbalan premi untuk memberikan kompensasi atas kerusakan, kerugian atau kerugian yang mungkin timbul sebagai akibat dari suatu peristiwa yang tidak terduga.

Jenis-jenis asuransi mobil

1. Koinsuransi (Risiko Komprehensif)

Ada tiga jenis asuransi mobil yang bisa dipilih. Yang pertama adalah coinsurance. Jenis asuransi ini menjamin kerugian akibat kecelakaan besar atau kecil. Bahkan coinurance menjamin hilangnya peralatan tambahan karena kerusakan mobil atau kehilangan kendaraan.

2. Asuransi kerusakan total (hanya kerusakan total)

Jenis asuransi kedua adalah asuransi kerugian total, yang menjamin 57% dari nilai pertanggungan atas kerusakan yang disebabkan oleh kecelakaan jika kendaraan hilang atau mabuk. Pada dasarnya, asuransi ini hanya mencakup 75% dari harga mobil. Patokan 75% diambil karena mobil sudah tidak ada lagi.

BACA JUGA :   Ketahui Kapan Harus Mengganti Ban Motor?

3. Perpanjangan Asuransi

Perpanjangan asuransi ini berlaku dalam hal tanggung jawab kepada pihak ketiga dan penumpang, kerusuhan atau bencana alam.

Apa saja manfaat dari asuransi mobil? manfaat asuransi mobil
Setelah mengetahui jenis-jenis asuransi mobil, kini saatnya melihat manfaat asuransi mobil. Manfaat yang bisa kita dapatkan sangat banyak. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang ini, lihat informasi Automotiveo.com berikut:

1. Bayar lebih sedikit untuk keuntungan lebih besar

Asuransi kendaraan sangat penting karena tidak menanggung biaya yang tidak perlu jika terjadi kecelakaan yang merusak kendaraan kita. Asuransi adalah tindakan preventif atau pencegahan yang kita ambil untuk mobil kita. Seperti yang Anda ketahui, selalu ada ketakutan yang menyerang kita tentang bahaya kecelakaan dengan mobil.

2. Lindungi mobil Anda dari risiko kerusakan

Manfaat kedua dari asuransi mobil adalah melindungi mobil Anda dari risiko kerusakan. Manfaat ini masih berkaitan dengan manfaat pertama di atas. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi pada mobil di masa depan. Terkadang, meski Anda mengemudi dengan hati-hati, kendaraan Anda bisa rusak.

3. Lindungi mobil Anda dari risiko pencurian

Sudah menjadi kewajiban kita sebagai pemilik mobil untuk menjaga eksistensinya. Jangan sampai kewaspadaan kita berkurang. Mobil itu hilang karena orang-orang yang tidak bertanggung jawab dicuri. Metode umum adalah memasang alarm untuk mendeteksi pencuri dan perangkat keamanan. Anda juga dapat mendaftar untuk asuransi mobil.

BACA JUGA :   Penyebab Dan Cara Mengatasi Setir Mobil Berat 2021

Biaya Asuransi

Setelah Anda mengetahui berbagai manfaat asuransi mobil seperti di atas, Anda juga perlu mengetahui berapa (premi) yang harus Anda keluarkan untuk membeli asuransi mobil. Besaran premi yang dibayarkan didasarkan pada beberapa pertimbangan, antara lain:

1. Jenis dan harga mobil

Jenis mobil adalah pertimbangan pertama yang menentukan berapa biaya asuransi Anda. Ada tiga jenis kendaraan: kendaraan non truk dan bus, truk dan bus, dan kendaraan roda dua.

2. Pertanggungan Lokasi

Lokasi kista luar adalah pertimbangan berikutnya. Cakupan dibagi menjadi 3 posisi: 1, 2 dan 3. Lokasi 1 terdiri dari seluruh wilayah pulau Sumatera, lokasi 2 termasuk wilayah pulau Jawa dan lokasi 3 adalah lokasi 3.

Yaitu, posisi 1, 2, dan 3. Lokasi 1 terdiri dari seluruh wilayah di pulau Sumatera, lokasi 2 meliputi wilayah di pulau Jawa dan lokasi 3 meliputi wilayah yang tidak tercantum pada lokasi 1 dan 2.

3. Usia kendaraan

Satu hal terakhir yang perlu dipertimbangkan adalah usia kendaraan pada saat pembelian atau diajukan untuk asuransi. Polis bervariasi sesuai dengan aturan dari perusahaan asuransi itu sendiri. Secara umum, semakin tua kendaraan, semakin tinggi harga premiumnya.

Leave a Comment