Cara Mudah Membersihkan Rantai Motor Yang Berkarat

TWIBBONK.com – Cara Mudah Membersihkan Rantai Motor Yang Berkarat, motor harus memiliki rantai terutama untuk sepeda motor dan sport. Tidak semua orang tahu tentang rantai. Biasanya pengendara tidak mengetahui bagian-bagian penting dari sepeda motor dan hanya bisa menggunakan sepeda motor. Padahal itu adalah bagian yang sangat penting untuk diperhatikan demi keselamatan sepeda motor.

Jika Anda menggunakan sepeda motor selama beberapa hari, rantai akan menjadi kotor dan rantai dapat berkarat. Beberapa orang mungkin bingung tentang cara membersihkan rantai sepeda motor dan bertanya-tanya apakah mungkin untuk membersihkan rantai sepeda motor.

Padahal, rantai yang kotor dapat mengurangi daya tahan rantai atau menyebabkan rantai cepat putus. Kotoran pada rantai sepeda motor meliputi debu, kotoran, kerikil dan serpihan aspal. Rantai harus dibersihkan untuk mencegah keawetannya.

Anda mungkin bingung cara mudah membersihkan rantai. Penulis di bawah ini menjelaskan cara membersihkan rantai tanpa pergi ke bengkel atau menggunakan jasa makelar untuk membersihkannya.

Siapkan alat dan bahan

  • Wadah berupa mangkok atau sendok untuk menuangkan deterjen ke dalam
  • Sikat digunakan untuk membersihkan chain cleaner.
  • Bensin seperti Pertamax atau Pertalite digunakan untuk menghilangkan kerak dan karat pada rantai sepeda motor
  • Pencuci piring yang digunakan untuk membersihkan kotoran rantai
  • Sikat gigi digunakan untuk membersihkan sela-sela rantai

Cara mudah membersihkan rantai motor

BACA JUGA :   Spesifikasi Terlengkap Mobil Honda Mobilio Terbaru

Dengan semua alat dan bahan sudah siap, mari kita simak cara mudah rantai motor yang benar pada informasi mobil berikut ini.

1. Pengenalan Jenis Rantai Motor

Sebelum Anda mulai membersihkan rantai sepeda motor Anda, Anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi rantai sepeda motor Anda. Ada dua jenis rantai sepeda motor. Rantai sepeda motor pertama menggunakan bahan semua logam. Kedua, jenis rantai dengan segel karet di antara sambungannya.

Faktanya, rantai jenis ini jauh lebih mudah dibersihkan daripada rantai dengan segel karet. Ini karena rantai dengan segel karet dapat merusak karet saat dibersihkan.

2. Bersihkan rantai saat motor hangat 

Arti kehangatan ini adalah bahwa motor itu digunakan untuk bepergian. Tujuannya agar rantai sepeda motor siap dibersihkan. Jika keset lantai perlu ditutup kembali dengan koran atau peti kayu, pastikan lantainya tidak kotor.

Saat membersihkan rantai sepeda motor Anda, gunakan standar sedang sepeda motor Anda untuk menjaga motor dalam posisi vertikal.

3. Oleskan bensin ke permukaan rantai

Tuang bensin ke dalam wadah yang sudah disiapkan. Kemudian, dengan menggunakan kuas, mulailah mengoleskan bensin ke seluruh bagian rantai sepeda motor.

Penggunaan bensin saat membersihkan rantai sepeda motor adalah untuk menghilangkan debu yang menempel pada rantai sepeda motor. Bensin rantai ini harus dilakukan dengan tenaga cepat gan, ini terjadi karena bensin cepat menguap. Ini karena jika rantai membutuhkan waktu lama untuk mengoles, bensin akan cepat habis, tetapi rantai belum sepenuhnya bersih.

BACA JUGA :   Cara Mudah Mengatasi Motor Kehabisan Bensin Susah Hidup

4. Pembersih piring dan persiapkan air

Setelah putaran pertama, putaran kedua, tuangkan cairan pencuci piring dan air ke dalam wadah yang disediakan. Saat membersihkan rantai sepeda motor ini, mesin pencuci piring memiliki kemampuan untuk menghilangkan minyak secara efektif. Mesin pencuci piring ini dapat menghilangkan minyak dan rantai yang terkena larutan bensin. Siapkan bahan pembersih piring dan air secukupnya.

5. Oleskan cairan pencuci piring yang sudah disiapkan

Cara mudah membersihkan rantai sepeda motor selanjutnya adalah dengan menggunakan mesin pencuci piring yang sudah disiapkan dan oleskan sikat pembersih ke seluruh bagian rantai sampai semua kotoran tersapu bersih. Lanjutkan proses ini sampai rantai benar-benar bersih. Jangan berhenti membersihkan jika tidak bersih.

6. Gunakan sikat gigi untuk membersihkan sela-sela rantai

Bagian tersulit dalam membersihkan rantai sepeda motor adalah bagian samping rantai. Anda harus menggunakan sikat gigi untuk membersihkan sela-sela rantai. Gunakan sikat gigi untuk menggosok di antara rantai sampai debu benar-benar hilang.

7. Tunggu rantainya kering

Setelah mengoleskan bagian rantai, tunggu hingga bagian rantai mengering. Biarkan rantai mengering dengan sendirinya. Kalaupun rantainya lama kering sendiri harus sabar ya gan.

Leave a Comment