Cara Mudah Memperbaiki Motor Mogok Sendiri 2021

TWIBBONK.com – Cara Mudah Memperbaiki Motor Mogok Sendiri 2021, masalah saat mengendarai sepeda motor sering mengganggu saya. Apalagi jika sepeda motor mogok jauh dari tempat kerja. Pastinya kamu akan bingung dan bingung mau bawa motor kemana. Suka atau tidak, Anda harus mencari tahu sendiri.

Untuk memperbaiki motor yang rusak tentunya Anda harus mengetahuinya terlebih dahulu. Anda bisa belajar dari sahabat Anda yang suka memperbaiki sepeda motor, atau mengunjungi bengkel sepeda motor untuk belajar. Setidaknya saya membaca informasi tentang masalah mogok motor melalui Internet.

Bagaimana cara memperbaiki motor mogok?

Kecelakaan sepeda motor bisa terjadi dimana saja. Karena Anda harus mengantisipasi kapan hal itu akan terjadi pada Anda. Informasi tentang cara memperbaiki motor yang rusak dapat dilihat di sini.

1. Periksa bahan bakar

Biasanya, penyebab motor mogok adalah kehabisan bahan bakar, yang mengakibatkan kematian mendadak pada sepeda motor. Selain itu, pemilihan bahan bakar juga harus bergantung pada spesifikasi mesin. Disarankan untuk menggunakan bahan bakar beroktan tinggi untuk memastikan kualitas.

Untuk mengatasinya, cukup pilih bahan bakar yang sesuai dengan angka oktan motor Anda. Padahal, bahan bakar seperti Pertalite, Premium dan Putamak bisa digunakan di semua jenis sepeda motor. Namun, masalah bisa muncul jika angka oktan motor tidak sesuai dengan bahan bakarnya.

2. Periksa filter udara

BACA JUGA :   Warna Dan Harga Terbaru Dari Motor All New Vario 125 2021

Filter udara motor berguna untuk mencegah kotoran udara masuk ke bahan bakar. Bahan bakar yang kotor dapat membuat mesin menjadi berat. Sepeda motor dapat mengalami masalah mogok kapan saja di jalan.

Untuk mengatasinya, filter udara motor harus dibersihkan secara rutin. Jika filter udara basah, cukup ganti saja. Namun, ketahanan filter udara basah lebih tahan lama daripada filter udara kering.

3. Lepas busi dan tetes kan oli

Motor mogok juga bisa disebabkan oleh mesin yang terlalu panas. Biasanya hal ini terjadi karena sirkulasi oli motor tersumbat dan motor bisa tiba-tiba mati. Panas mesin juga disebabkan oleh gesekan antara piston dan liner membosankan.

Untuk mengatasinya, cukup biarkan mesin dingin. Kemudian cabut busi dan beri beberapa tetes oli pada lubang busi. Setelah itu, cukup hidupkan kembali menggunakan starter elektrik.

4. Bersihkan tutup tangki bensin

Motor mogok juga dapat disebabkan oleh tutup tangki yang tersumbat. Jika lubang kecil di tutup tangki tersumbat, sirkulasi udara ke motor tidak akan mengalir. Ini karena lubang tangki kecil bisa berfungsi sebagai pernapasan.

Memperbaiki motor yang rusak sangat mudah. Periksa tutup tangki dan jika ada kotoran, cukup gunakan kompresor untuk membersihkannya. Dengan begitu motor akan bekerja normal seperti semula.

5. Ganti busi

Kecelakaan ini sering menyebabkan motor mati dan ada beberapa komponen pengapian yang bisa diatasi, seperti busi, CDI, Kepul, dll. Kita ambil contoh dari salah satu komponen ini jika busi motor anda bermasalah.

BACA JUGA :   Ayo Ketahui Pertamax Turbo Untuk Motor Apa Saja.?

Untuk mengatasinya, cukup cabut busi dan dekatkan ke mesin. Kemudian tekan tombol mulai. Jika Anda melihat nyala api biru, busi sepeda motor Anda baik-baik saja. Jika busi berwarna merah, cukup ganti busi.

6. Bawa ke bengkel

Jika motor terus mogok meski sudah mencoba segala cara, lebih baik pergi ke bengkel atau hubungi mekanik berpengalaman untuk mencari tahu tempat kerusakan motor.

Leave a Comment