Cara Mudah Memperbaiki Stang Motor Goyang / Tidak Stabil

TWIBBONK.com – Cara Mudah Memperbaiki Stang Motor Goyang / Tidak Stabil, kestabilan motor sangat dipengaruhi oleh kondisi setang. Gemetar setang sepeda motor dapat mengganggu kenyamanan berkendara dan membahayakan keselamatan. Oleh karena itu, sangat penting untuk segera memperbaiki stang sepeda motor yang goyang agar dapat melaju dengan andal di berbagai medan jalan.

Ada beberapa penyebab stang sepeda motor goyang yang harus Anda waspadai. Tentunya dengan mengetahui penyebabnya dapat membantu Anda mengambil langkah yang tepat untuk memperbaiki stang sepeda motor yang goyang. Nah simak informasi Automotiveo.com berikut ini untuk mengetahui penyebab dan solusinya.

1. Periksa kondisi ban

Salah satu penyebab goyangan stang sepeda motor adalah ban yang tidak rata atau aus. Silakan periksa apakah kondisi ban depan dan belakang baik atau buruk. Jika Anda botak, kami sarankan untuk mengganti ban Anda sesuai dengan ukuran roda dan ukuran ban standar Anda.

Ukuran ban juga berpengaruh besar terhadap kestabilan motor. Jika ukurannya terlalu kecil, seperti ban hangat, akan mengganggu kestabilan setang saat melewati gundukan kecepatan atau jalan bergelombang. Juga, pastikan tekanan udara benar untuk menghindari ban kempes.

2. Press Velg Apa Bila Bengkok

Stabilitas motor sangat erat kaitannya dengan roda. Jika roda bengkok atau retak, stang sepeda motor otomatis goyang saat digunakan untuk berkendara. Menemukan kondisi roda sangat mudah. Masbro hanya perlu memutar roda dan melihatnya bergerak. Jika ada yang bergetar, berarti rodanya bengkok.

BACA JUGA :   Spesifikasi Motor Yamaha Freego Terbaru

Disarankan untuk segera mengganti roda lama dengan yang baru. Masbro bisa membeli velg rossi atau velg TDR yang sudah terbukti kualitasnya. Namun, jika Anda tidak memiliki uang untuk membeli velg baru, saya sarankan untuk pergi ke dealer wheel press untuk mengembalikan bagian yang bengkok ke kondisi semula.

3. Perbaikan Komstir

Jika ban dan roda masih dalam kondisi baik, masalah pada roda kemudi dapat menyebabkan stang goyang. Komstir sendiri berfungsi untuk memungkinkan motor berbelok ke kiri dan kanan untuk menggerakkan setang. Stang sekarang otomatis goyang saat komstir rusak.

Cara memperbaiki setang sepeda motor goyang adalah dengan mengganti mangkok dan bola besi komstir. Biasanya, komponen ini aus karena penggunaan yang lama. Akibatnya, komstir terasa miring dan setang sulit digerakkan, sehingga stabilitas motor hilang.

4. Ganti Bearing roda

Selain masalah pada komstir dan kaki-kaki, penyebab goyangan stang adalah kerusakan pada bantalan roda. Bantalan itu sendiri berfungsi untuk mencegah poros bergesekan dengan rumah roda. Selain itu, bearing memiliki fungsi untuk menjaga kestabilan putaran roda, agar motor dapat berjalan dengan stabil.

Di dalam bantalan terdapat bantalan bola berbentuk bola yang sewaktu-waktu dapat pecah. Nah, saat bantalan bola pecah, stabilitas roda terganggu sehingga menyebabkan stang bergetar. Untuk memeriksa kerusakan, cukup goyangkan roda dari sisi ke sisi. Nah, jika roda terasa miring, Anda bisa menentukan bahwa penyebab goyangan stang adalah kerusakan bantalan.

BACA JUGA :   Arti Dari Kedipan Indikator (MIL) di Spidometer Motor Honda

Bantalan yang rusak sulit untuk diperbaiki. Minimal, bantalan baru harus dibeli. Lagi pula, bantalan motor cukup murah, jadi selama motor stabil dan nyaman dikendarai seharusnya tidak menjadi masalah.

5. Selalu Cek Kondisi ShockBreaker

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa fungsi utama dari shock breaker adalah untuk menjaga kestabilan motor saat berakselerasi. Fungsinya sangat penting, jadi berhati-hatilah agar tidak merusaknya. Apalagi jika posisi shock breaker tidak tepat atau tidak berada di jalur lurus, sangat mempengaruhi kestabilan motor terutama saat menikung.

Kerusakan shock breaker inilah yang membuat stang tidak stabil dan tidak stabil. Motor harus segera dikoreksi agar dapat dioperasikan dengan andal dan nyaman. Silahka Masbro membawa shock breaker yang rusak ke bengkel terdekat. Bantalan shock breaker mungkin rusak atau kerusakan mungkin disebabkan oleh masalah lain.

6. Selalu Memeriksa Segitiga Dudukan Stang

Cara mengatasi stang motor goyang selanjutnya adalah dengan memeriksa segitiga pemasangan stang. Hal ini karena berfungsi untuk menghubungkan stang dan shock breaker. Nah, jika posisi shock breaker kiri dan kanan pada segitiga stang sepeda motor tidak tepat, maka stang akan goyang.

Leave a Comment