Cara Mudah Mengatasi Aki Tekor Pada Mobil Matic / Manual

TWIBBONK.com – Cara Mudah Mengatasi Aki Tekor Pada Mobil Matic / Manual, adakah yang pernah mengalami mobil yang tiba-tiba tidak mau hidup? Kami rasa sebagian besar pemilik mobil pernah mengalami masalah ini. Biasanya ini karena aki mobil tidak cukup untuk menyalakan sistem starter mobil. Jadi bagaimana kita menyelesaikannya?

Padahal, cara mengatasi pemakaian aki mobil yang berlebihan sangat sederhana. Namun, Anda bisa dengan mudah mengatasinya dengan mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya. Nah, cara mengatasi kelebihan aki mobil di mobil dan mobil manual juga berbeda, jadi jangan melakukan tindakan apa pun karena dapat merusak mesin mobil Anda.

Penyebab Aki Tekor Pada Mobil Matic/Manual

Sebelum membahas cara mengatasi aki mobil yang boros, mari kita lihat dulu penyebab masalahnya.

1. Penggunaan aksesoris mobil

Salah satu penyebab utama aki mobil berlebih adalah penggunaan aksesoris mobil yang berlebihan. Misalnya, pemasangan sistem audio mobil, klakson, lampu proyektor, dll. Modifikasi ini memerlukan peningkatan arus, yang harus diimbangi dengan kapasitas baterai yang lebih besar.

Sangat banyak sekali saat ini hanya mementingkan aksesoris dengan kinerja batrei yang menurun. Akibatnya, baterai terkuras secara berlebihan karena tidak dapat sepenuhnya memberi daya pada semua komponen kelistrikan mobil.

2. Mobil tua tidak di hidupkan

BACA JUGA :   Cara Mudah Bersihkan Kaca Depan Mobil 2021

Mitos pemanasan mobil memang benar adanya. Hal ini dikarenakan tujuan dari pemanasan mobil adalah untuk memastikan bahwa aki masih dapat mengalirkan listrik ke bagian-bagian mobil. Nah jika mobil lama tidak menyala, aki bisa overdraw. Oleh karena itu, disarankan untuk menjaga aki dalam kondisi baik dengan cara melakukan pemanasan mobil secara rutin untuk menghindari borosnya aki saat tidak digunakan.

3. Kerusakan alternator

Ada banyak suku cadang otomotif yang berhubungan dengan sistem kelistrikan, salah satunya adalah alternator. Fungsinya untuk membangkitkan arus dengan AC untuk semua komponen otomotif yang membutuhkan arus, seperti lampu dan audio.

Alternator juga bertanggung jawab untuk mengisi aki mobil agar voltase tetap stabil dan tidak menipis. Sekarang jika genset mobil rusak, arus coba lagi yang masuk ke aki akan berhenti, korslet aki.

4. Kelalaian pengemudi

Kita sering menyalakan AC dan head unit saat mesin mobil mati bagi sebagian besar pemilik mobil untuk menghemat bahan bakar. Meskipun kebiasaan ini berisiko menggunakan aki mobil Anda secara berlebihan.

Penyebab aki mobil yang terlalu sering digunakan. Sekarang kita berbicara tentang cara menangani aki mobil yang terlalu sering digunakan. Metode yang diberikan saat ini adalah metode sementara. Artinya, jika kondisi baterai sudah rusak, sewaktu-waktu bisa habis lagi. Kerusakan baterai juga bisa bermacam-macam, namun seringkali disebabkan oleh sel baterai yang tidak dalam kondisi yang semestinya.

BACA JUGA :   5 Cara Merawat Mesin Mobil Tetap Prima

Aki yang rusak juga dapat diperbaiki, silakan lihat informasi berikut “Cara Memperbaiki Aki Mobil Anda” untuk mempelajari caranya. Sebelum melakukan perbaikan apa pun, Anda dapat mengatasi baterai mobil yang terlalu terkuras dengan melakukan hal berikut:

Cara mengatasi pemakaian aki mobil yang berlebihan

Mobil manual

Jika mobil tiba-tiba kehabisan baterai dan tidak mau start di jalan, solusinya adalah jumper. Melompat aki mobil sangat mudah. Ini karena aki yang overdraw hanya perlu disambungkan ke aki mobil biasa dengan kabel jumper.

Kelihatannya mudah, namun Anda tetap harus berhati-hati saat menyelami aki mobil. Pastikan kabel jumper diposisikan dengan benar pada kutub positif dan negatif. Biasanya kabel jumper positif berwarna merah dan negatif berwarna hitam.

Anda harus mematikan kelistrikan pada saat memasang jumper. Kemudian pasang kutub positif ke masing-masing mobil dan ikuti kutub negatifnya.

Posisi tuas transmisi juga harus dalam posisi netral, mesin mobil jumper harus dihidupkan selama beberapa detik dan pedal akselerator harus ditekan di atas 1.000 rpm. Setelah itu kita hidupkan starter mobil dengan baterai low. Jika mesin berhasil dihidupkan, lepaskan kabel jumper dengan hati-hati terlebih dahulu dalam urutan negatif, kemudian dalam urutan positif.

Jangan langsung mematikan jumper mobil baru. Diamkan dulu beberapa menit agar bisa mengisi ulang baterai yang hampir kehabisan listrik. Masbro juga dapat mengemudikan mobil sendiri, memungkinkan pengisian listrik lebih cepat.

BACA JUGA :   Ini Lah Penjualan KLX 150 vs CRF150L Bulan April Mana Yang Lebih Laris

Selain cara di atas, ada cara lain untuk mengatasi kelebihan aki mobil yaitu dengan cara push. Cara ini hanya berlaku untuk kendaraan manual, jangan pernah mencobanya pada kendaraan matic.

Metode push juga tidak boleh sembarangan. Anda harus terlebih dahulu memasukkan tuas transmisi ke gigi dua dan menekan kopling. Kemudian dorong mobil hingga berakselerasi dan lepaskan pedal kopling.

Leave a Comment