Cara Mudah Mengatasi Oli Motor Cepat Habis 2021

TWIBBONK.com – Cara Mudah Mengatasi Oli Motor Cepat Habis 2021, oli merupakan salah satu cairan terpenting dalam kendaraan. Oli mesin merupakan salah satu bagian terpenting karena mendukung kerja mesin, yang bertanggung jawab untuk melumasi semua komponen mesin. Jika motor mengalami masalah oli, maka harus segera diperbaiki agar masalah tersebut tidak menyebar ke komponen lain.

Peran oli sangat penting dalam menjaga performa motor. Namun, oli motor sering cepat habis karena sejumlah masalah yang otomatis mengganggu kenyamanan dan performa mobil.

Jika dibandingkan dengan makhluk hidup, fungsi minyak seperti peredaran darah manusia. Karena minyak adalah darah manusia, Anda dapat membayangkan bahwa pompa minyak bertindak sebagai jantung dan saringan minyak atau filter minyak bertindak sebagai paru-paru atau ginjal.

Dari analogi di atas, bisa dibayangkan masalah apa yang akan muncul jika oli motor cepat habis. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan kondisi oli agar tidak terjadi masalah kekurangan oli mesin. Tentu ada penyebab konsumsi oli mesin cepat, dan simak berikut ini untuk mengetahui penyebab konsumsi oli mesin cepat.

Penyebab oli motor habis dan cara mengatasinya

1. Segel klep rusak

Segel klep ini terletak di sambungan mesin motor. Dapatkan segel dan pastikan dalam keadaan lambat dan pastikan segel tidak rusak atau sobek. Segel yang rusak dapat menyebabkan masalah kebocoran oli. Seiring waktu, kerusakan pada seal juga dapat menyebabkan kendaraan kehabisan oli mesin.

BACA JUGA :   Mobil Aston Martin Harga Terbaru dan Termahal 2021

Cara untuk mengetahui kondisi seal yang bermasalah adalah dengan melihat sambungan mesin dimana seal tersebut berada. Jika ada kebocoran, segel motor bocor. Untuk menghindari masalah ini, segel harus diganti dengan yang baru. Untuk mengganti, mesin kendaraan harus diturunkan.

2. Ganti oli mesin terlambat

Cara kedua untuk mengatasi kelangkaan oli mesin kendaraan Anda mungkin terlihat sepele, namun melakukannya secara rutin memiliki banyak manfaat. Bagi yang jarang mengganti oli mesin, bagian mesin kendaraan bisa rusak dan asap bisa keluar dari knalpot.

Untuk menjaga kendaraan dalam performa yang baik dan komponen mesin dalam kondisi optimal, oli harus diganti setiap 2500 hingga 3000 km.

3. Penggunaan oli yang tidak tepat

Untuk menghindari kerusakan pada komponen mesin, Anda perlu memilih oli yang tepat untuk mesin Anda. Cara memilih oli yang tepat, jangan memilih oli yang terlalu kental atau terlalu encer. Menggunakan oli yang terlalu kental atau terlalu cair dapat menyebabkan oli keluar dari knalpot. Hal ini tentunya menjadi salah satu penyebab oli motor cepat terkuras.

Demi kesehatan sepeda motor Anda, pilihlah oli mesin yang memenuhi spesifikasi mesin atau oli yang memenuhi standar pabrikan. Untuk mengganti oli mesin sepeda motor, Anda perlu memilih jenis oli yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan Anda. Baca manual yang dikeluarkan oleh masing-masing pabrikan untuk menemukan jenis oli yang tepat untuk sepeda motor Anda.

BACA JUGA :   Ketahui Apakah Pertamax Turbo Bisa Membersihkan Mesin?

4. Ring piston aus

Penyebab berikutnya dari oli motor cepat habis adalah masalah ring piston yang aus. Jika ring piston aus, segera periksa suku cadangnya. Padahal, kerusakan ring piston bisa dihindari dengan perawatan dan pembersihan mesin secara rutin.

Penyebab ring piston aus adalah pelumas oli mesin di bagian silinder tidak dibersihkan secara menyeluruh. Masalah ini tidak hanya membuat oli motor cepat habis, tetapi juga dapat merusak komponen mesin lainnya.

Tidak hanya ring piston yang rusak, oli mesin bisa cepat habis. Namun, pemasangan ring piston yang salah juga dapat menyebabkan oli mesin terus berkurang seiring waktu. Pemasangan ring piston yang salah juga dapat mencegah campuran oli terbakar sepenuhnya.

5. Oli mesin menguap

Meskipun minyak itu sendiri berbentuk cair, ia dapat menguap ketika minyak terkena panas. Penguapan minyak terjadi, biasanya stagnasi ditemukan di sepanjang jalan. Suhu yang terkandung dalam selai biasanya cukup tinggi untuk menyebabkan penguapan minyak. Sangat mudah untuk mengatasi penyebab oli motor cepat habis. Hal ini dikarenakan motor hanya perlu dipanaskan secara berkala sebelum digunakan dalam pengoperasiannya.

Leave a Comment