Cara Mengatasi Ban Tubeless Bocor Halus Pada Motor 2021

TWIBBONK.com – Cara Mengatasi Ban Tubeless Bocor Halus Pada Motor 2021, salah satu insiden bocornya ban lunak seringkali diabaikan oleh pengemudi. Pengemudi biasanya tidak tahu apakah ban mereka lunak, tetapi seiring waktu mereka akan mengempis dengan sendirinya.

Bocor dengan lembut cukup merepotkan. Ini karena jika dibiarkan, Anda harus memompanya dan menggerakkannya ke depan dan ke belakang agar tekanan ban kembali normal. Bukan hanya ban tubles semua jenis ban juga bisa mengalamin masalah seperti ini.

Menjaga tekanan ban sangat penting. Hal ini dikarenakan tekanan angin sangat mempengaruhi kenyamanan berkendara. Jika ban bocor tentunya kualitas kendara menjadi berkurang dan sepeda motor atau sepeda motor menjadi tidak stabil yang dapat membahayakan keselamatan.

Mengatasi ban tubeless bocor mulus sebenarnya cukup mudah. Namun, pemilik mobil sering kali lebih memilih untuk datang ke tukang reparasi ban untuk diperbaiki. Hal ini wajar karena pemilik mobil tidak ingin merasa ribet.

Penyebab ban tubeles bocor halus

Ban tubeless lebih kuat dari ban tubetype, tetapi ban tubeless masih bisa bocor. Kebocoran ban tubeless bisa bermacam-macam penyebabnya, dan untuk penyebab ban tubeless bocor dengan lancar, simak berikut ini.

1. Kondisi ban

BACA JUGA :   Test Ride All New Honda PCX 160, Bertenaga Dan Sangat Halus Suaranya

Faktor pertama yang menyebabkan ban bocor adalah kondisi ban yang terlalu tipis atau botak. Terus menggunakan kendaraan untuk jangka waktu yang lama, terutama di jalan yang miring, membuat Anda berisiko mengalami penipisan ban sebelum waktunya.

Jika Anda sering berkendara di tanjakan dengan kendaraan, sebaiknya pilih ban tubeless berkualitas tinggi untuk menghindari penipisan atau kerontokan rambut.

2. Ada kebocoran pada sambungan velg dan ban

Faktor kedua yang membuat ban motor tubeles bocor mulus adalah kebocoran pada roda dan sambungan ban. Kebocoran ban tubeless tidak selalu di bagian luar ban, namun kebocoran juga bisa terjadi di bagian dalam sambungan pelek ban.

3. Kebocoran pemtil ban

Ban tubeles biasanya bocor karena tertusuk benda tajam. Namun, jika ban tubeless mulus, seringkali disebabkan oleh faktor internal pada ban itu sendiri.

Salah satu faktor internal yang menyebabkan kebocoran ban mulus adalah pentil ban. Fungsi klep pada ban adalah untuk mengalirkan udara masuk dan keluar. Jika, misalnya, benda tajam tidak menusuk dan ban sering kempes, mungkin karena pentil ban yang longgar.

Cara mengatasi ban tubeless bocor lembut

Setelah mencari tahu apa penyebab ban tubeless bocor lancar. Selanjutnya kita akan mengulas cara mengatasi ban tubeless bocor mulus di bawah ini.

1. Temukan kebocoran dengan air sabun

Cara mengetahui kebocoran pada ban tubeless adalah dengan memutar luas permukaan ban tubeless tersebut. Jika Anda tidak menemukan kebocoran, Anda dapat menggunakan sabun cair.

BACA JUGA :   Spesifikasi Motor Clasik Kawasaki W175 Warna Terbaru

Caranya pompa sampai ban penuh, lalu putar perlahan ban sambil menambahkan air sabun. Jika muncul gelembung udara, menggosok ban dengan air sabun adalah tanda ban bocor.

2. Tandai area kebocoran

Setelah Anda menemukan kebocoran pada ban tubeles Anda, jangan lupa untuk menandainya. Cara menandai cukup dengan sapu. Tempelkan sapu lidi pada bagian ban yang kempes.

Tidak berbahaya menusuk area ban kempes dengan benda kecil seperti sapu. Hal ini dikarenakan fungsi piercing hanya sebagai penanda lokasi kebocoran.

Sesudah anda menandai ban mana yang kempes anda bisa mengeringkan nya dengan kain yang kering atau menggunakan kanebo.

3. Menetesi lem pada area yang bocor

Setelah langkah pertama dan kedua selesai. Langkah selanjutnya adalah mengoleskan power glue pada area bocor hingga lem meresap. Anda bisa menggunakan alat lain untuk menusuk lem hingga bocor dan menunggu hingga kering.

Saat lem pada ban sudah benar-benar kering, pompa kembali ban tubeles tersebut. Kendaraan siap digunakan kembali.

Saat ini cara di atas sudah tidak di gunakan lagi dan sudah jarang. Metode modern menambal ban kempes dapat dilakukan dengan cairan IML.

Dengan cairan IML mengatasi ban tubles bocor

Menurut kami, langkah merawat ban bocor dengan cairan IML sangat efektif. Menambal ban kempes dengan cairan terdengar aneh. Namun, terbukti cara ini bisa menambal ban tanpa efek buruk pada ban.
Cairan ini aman untuk ban karena tidak merusak ban, tidak berkarat, tidak merusak klep, dan tidak menyumbat klep.

BACA JUGA :   Ketahui Apakah Pertamax Turbo Bisa Membersihkan Mesin?

penggunaan cairan ini sangat mudah karena kadar airnya bisa diatur. Cairan ini dapat dialirkan melalui pintil ban tanpa menyumbat saat mengisi cairan.

Agar perjalanan anda tetap aman tanpa khawatir ban akan bocor anda bisa menggunakan cairan anti bocor.

Leave a Comment