Cara Mudah Membuat Sepeda Motor Injeksi Lebih Irit 2021

TWIBBONK.com – Cara Mudah Membuat Sepeda Motor Injeksi Lebih Irit 2021, dengan adanya perkembangan yang semakin pesat, kini Indonesia dilengkapi dengan motor injeksi. Implementasi motor ini sudah memanfaatkan sensor agar pembakaran lebih sempurna. Oleh karena itu, penggunaan sistem injeksi mesin menghasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi. Tidak semua mobil dengan sistem injeksi hemat bahan bakar. Salah satu ciri motor injeksi yang sangat tidak irit bahan bakar adalah kasus motor dengan banyak persneling terutama motor matic.

Namun kini semua jenis sepeda motor telah menyiapkan sistem penghematan bahan bakar karena adanya teknologi yang menggunakan bahan bakar secara efisien. Namun, ada orang yang tidak sempat merawat motornya. Ini terutama berlaku untuk orang yang sangat aktif. Untuk menjaga motor Anda dalam kondisi baik dan hemat bahan bakar, penting untuk diingat untuk merawat motor Anda.

Menggunakan motor injeksi pada kecepatan rendah akan membuat motor lebih irit. Tapi ada cara lain untuk membuat sepeda motor kita lebih irit bahan bakar. Begini caranya.

Cara membuat motor injeksi lebih efisien

Seperti disebutkan di atas, cara agar motor injeksi lebih hemat adalah dengan melakukan perawatan rutin. Faktanya cara merawat motor injeksi sangat sederhana dan tidak jauh berbeda dengan motor mesin karburator. Jadi lihat di bawah untuk mempelajari caranya.

BACA JUGA :   Spesifikasi Yamaha Meluncurkan Aerox 155 VVA MAXI Signature

1. Selalu lakukan pemanasan sepeda motor di pagi hari

Kami menyarankan Anda untuk menghangatkan kendaraan sebelum membawanya masuk. Mengendarai sepeda motor tanpa pemanasan seperti merusak motor secara perlahan. Rawat motor dengan baik untuk menghindari kerusakan. Salah satunya adalah dengan memanaskan motor sebelum dikendarai.

2. Penggunaan bahan bakar beroktan tinggi

Perawatan termudah kedua untuk motor injeksi adalah memilih bahan bakar dengan oktan tertinggi. Pemilik motor injeksi dianjurkan untuk memilih bahan bakar dengan nilai oktan 90 atau lebih tinggi, karena semakin tinggi angka oktan bahan bakar sangat menguntungkan proses pembakaran mesin sepeda motor. Contoh bahan bakar beroktan tinggi adalah Pertamax. Menggunakan motor dan menggunakan bahan bakar ini membuat sepeda motor Anda lebih hemat bahan bakar.

3. Ganti oli secara teratur

Pada umumnya pemilik kendaraan, terutama orang yang aktif, lupa mengganti oli secara rutin. Oli motor injeksi harus diganti setiap dua bulan atau setiap 1.000 km. Pastikan oli kendaraan Anda tidak mengering. Pelumas yang tidak mencukupi dapat menurunkan performa motor.

Selain mengganti pelumas, oli roda gigi juga harus diganti setiap 5.000 km, memaksimalkan roda gigi motor. Juga ganti oli Motor Shock Becker setiap 10.000 km. Ganti oli ini untuk memaksimalkan performa kendaraan Anda.

4. Perhatikan status MMR

Sangat jarang seorang pemilik kendaraan melakukan perawatan ini sebelum kendaraannya rusak. Mobil sistem injeksi ini sebenarnya merupakan mesin dari sistem pembakaran yang sangat mengandalkan kondisi baterai. Namun, jika baterai tidak menghasilkan listrik atau telah mencapai akhir masa pakainya, sebaiknya ganti dengan yang baru untuk meningkatkan performa sepeda motor Anda.

BACA JUGA :   Ketahui Efek Samping Pertalite Bercampur Pertamax

5. Perawatan Busi

Pengolahan selanjutnya juga sangat mudah. Jenis perawatan ini adalah merawat sistem pembakaran atau busi. Busi pada motor ini berperan sangat penting sebagai pemantik karena dibersihkan secara berkala untuk memaksimalkan pembakaran di mesin dan ruang bakar. Busi yang kotor dapat menyebabkan motor tiba-tiba mati atau kehabisan daya.

6. Periksa bahan bakar di tangki

Memeriksa bahan bakar di dalam tangki bisa jadi hal yang sepele untuk dilakukan, namun begitulah cara merawat motor . Sebaiknya, jangan menggunakan bahan bakar sampai tangki sepeda motor kehabisan bahan bakar. Ini dapat dengan cepat menghancurkan injektor. Tidak hanya injektor cepat rusak, tetapi juga menurunkan performa mesin motor .

7. Periksa status ECU

ECU adalah singkatan dari Electronic Control Unit. ECU ini merupakan otak dari pengoperasian sistem injeksi motor. Jika injeksi rusak, motor akan gagal. Jika Anda akan memeriksa ECU Anda, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan profesional untuk menghindari kecelakaan fatal pada sepeda motor Anda.

Leave a Comment