Cara Membeli Motor Bekas Agar Aman Dan Tidak Tertipu

TWIBBONK.com – Cara Membeli Motor Bekas Agar Aman Dan Tidak Tertipu, salah satu moda transportasi yang paling mudah dan banyak digunakan di masyarakat adalah mobil. Namun, untuk memiliki kendaraan, sebagian orang harus berjuang keras untuk membelinya karena harganya yang cukup mahal. Semakin baik kendaraan yang Anda beli, semakin mahal harganya.

Jika Anda tidak mampu membeli sepeda motor baru yang mahal, ada baiknya Anda membeli yang bekas. Harga sepeda motor bekas juga bervariasi menurut jenis, tahun produksi dan kondisinya. Selain itu, salah satu faktor penentu harga sepeda motor bekas adalah kelengkapan dokumen yang terdiri dari STNK dan BPKB.

Membeli motor bekas tentu tidak semudah membeli motor baru. Karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Penjual motor bekas lebih banyak ditemui di Indonesia, sehingga Anda harus lebih berhati-hati saat membeli.

Kesalahan memilih sepeda motor bekas bisa berakibat fatal. Anda bisa ditipu untuk membeli sepeda motor bekas yang kondisinya kurang baik dan tidak layak pakai. Lebih buruk lagi, sepeda motor yang saya beli adalah sepeda curian.

Tips membeli motor bekas agar tidak tertipu

1. Tentukan terlebih dahulu sepeda motor mana yang akan dibeli

Jika Anda berencana untuk membeli sepeda motor, Anda harus terlebih dahulu memilih jenis sepeda motor yang ingin Anda beli. Hal ini dikarenakan banyaknya jenis sepeda motor yang berbeda-beda dan masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda. Oleh karena itu tentukan terlebih dahulu sepeda motor yang akan dibeli dan jangan lupa untuk mencari informasi mengenai fitur dan spesifikasinya. Jadi, jika Anda sudah yakin dengan jenis sepeda motor yang ingin Anda beli, sebaiknya ikuti tips membeli sepeda motor bekas berikut ini.

BACA JUGA :   Tips Meningkatkan Performa Mesin Motor Injeksi 2021

2. Temukan informasi harga

Setelah Anda memutuskan jenis sepeda motor apa yang ingin Anda beli, tentukan harga pasaran untuk jenis sepeda motor yang Anda inginkan. Jika Anda ingin mengecek harga pasaran motor bekas yang Anda beli, sebaiknya cek melalui situs jual beli seperti OLX atau dealer motor Facebook.

Fungsi pengecekan harga motor bekas adalah agar tidak tertipu membeli motor dengan harga lebih tinggi dari harga pasar. Namun pada kenyataannya harga sepeda motor berbeda-beda di setiap daerah dan harganya tergantung dari kondisi sepeda motor itu sendiri. Jadi masuk akal untuk mencari sepeda motor yang lebih mahal sejauh kualitasnya sebanding.

3. Pilih penjual yang baik dan jujur

Jika Anda sudah mengetahui harga pasaran kendaraan Anda, langkah selanjutnya adalah memilih penjual. Ada baiknya Anda mencari diler atau penjual sepeda motor yang bereputasi baik dan terpercaya. Tips membeli motor bekas ini sangat penting untuk tidak terkecoh.

Saat membeli sepeda motor dengan COD, sebaiknya tanyakan juga kepada penjual tentang sejarah sepeda motor yang dijual. Masbro dapat menanyakan apakah sepeda motor Anda mengalami kecelakaan atau pertanyaan lain terkait dengan kondisi sepeda motor Anda.

4. Periksa rangka dan nomor mesin

Nomor rangka dan nomor mesin merupakan identitas dari sebuah sepeda motor. Pastikan nomor rangka dan mesin sesuai dengan yang tertera di BPKB atau STNK. Jika jumlahnya berbeda, kemungkinan besar sepeda motor curian menggunakan BPKB dan STNK palsu. Tips membeli sepeda motor bekas ini penting agar Anda terhindar dari perbuatan yang tidak diinginkan.

BACA JUGA :   Fitur Terlengkap Dari Motor Yamaha NMAX

5. Periksa kelengkapan surat

Saat membeli motor , penting dan wajib untuk mengecek kelengkapan suratnya. Jangan lupa teliti kelengkapan dokumen kendaraan di STNK dan BPKB. Hal ini untuk mencegah barang curian. Jika Anda menginginkan kendaraan tetapi tidak memiliki dokumentasi yang lengkap, Anda perlu mencari penjual baru atau mencari sepeda motor lain agar tetap aman di kemudian hari.

Pastikan juga pemilik sebelumnya membayar pajak dan tidak ada tunggakan pajak.

6. Periksa speedometer

Ini mungkin metode yang jarang digunakan pembeli, tetapi sangat penting untuk memberi tahu speedometer bahwa itu berfungsi dengan baik, karena ini memiliki fungsi yang cukup penting sebagai sumber informasi saat sepeda motor dikendarai.

Saat memeriksa speedometer, pastikan berfungsi dengan baik dan lampu bahan bakar, lampu indikator, lampu sein, dan penghitung jarak berfungsi dengan baik. Disarankan juga untuk memperhatikan jarak tempuh kendaraan dan memilih sepeda motor dengan jarak yang kecil.

7. Pemeriksaan oli

Salah satu tugas pemilik sepeda motor adalah mengganti oli secara berkala. Mengganti oli terlalu lambat bisa berakibat fatal. Hal ini karena oli berfungsi sebagai pelumas untuk semua komponen mesin, sehingga penggantian oli yang terlambat dapat merusak mesin.

Dengan pemikiran di atas, Anda harus mencari sepeda motor dengan rekam jejak layanan yang baik. Jangan sampai salah membeli sepeda motor yang sudah tidak dirawat oleh pemilik sebelumnya karena bisa menyebabkan kerusakan pada bagian mesin atau bagian lainnya.

BACA JUGA :   Sepeda Motor Terbaru Suzuki Saluto 2021

Leave a Comment