Cara Memperbaiki Indikator Bensin Motor Dengan Mudah

TWIBBONK.com – Cara Memperbaiki Indikator Bensin Motor Dengan Mudah, ada yang pernah ngalamin kehabisan bensin padahal di indikator ada sisa bensin? Kami yakin banyak yang pernah mengalaminya. Lalu bagaimana cara memperbaiki indikator motor injeksi bahan bakar yang rusak atau rusak?

Untuk memperbaiki lampu injeksi bahan bakar, Anda harus tahu dulu apa penyebabnya.

Ada beberapa masalah dari indikator mesin rusak jadi tidak bisa berjalan dan tidak naik saat di ilhat.

Mengetahui sisa bahan bakar sangat penting. Jika gas tiba-tiba habis, motor akan sedikit gagal.

Kalaupun rusak di dekat SPBU, tidak masalah karena bisa langsung diisi ulang saat bensin habis.

Masalahnya saat bensin habis jauh dari SPBU. Alhasil, Anda terpaksa mendorong motor untuk mencari SPBU.

Untuk menghindari kehabisan bahan bakar di tengah jalan, lampu bahan bakar harus diperbaiki jika terjadi kerusakan.

Caranya cukup mudah. Namun sebelum itu, perhatikan dulu penyebab indikator bahan bakar yang rusak.

Penyebab indikator bensin rusak

Ada beberapa penyebab indikator motor injeksi bahan bakar rusak. Penyebabnya tidak jauh berbeda dengan karburator motor. Jika penyebabnya adalah.

  • baterainya jelek
  • Masalah kabel indikator bensin
  • masalah pelampung bensin
  • Odometernya rusak.

Di atas adalah penyebab rusak nya indikator bensin motor injeksi dan temperatur nya tidak naik selalu terlihat kosong.

Cara memperbaiki indikator bensin motor injeksi

BACA JUGA :   Dp Credit Dan Harga Motor Honda PCX 160

Setelah Anda mengetahui semua penyebabnya, sekarang Anda harus mencoba cara memperbaiki lampu mesin injeksi bahan bakar. Anda bisa mencoba perbaikannya sendiri atau datang ke bengkel motor terdekat.

Tidak semua orang berani membongkar motor sendiri. Jika Anda salah satunya, kami menyarankan Anda untuk memperbaiki bensin di bengkel terdekat agar mekanik yang berpengalaman dapat memperbaikinya untuk Anda.

Tidak ada salahnya mencoba menyelesaikannya sendiri. Daripada membuang-buang uang untuk perbaikan, lebih baik menabung untuk kebutuhan lain. Nah, untuk mempelajari cara memperbaiki lampu mesin injeksi bahan bakar, simak cara berikut ini.

1. Periksa rute kabel

Indikator bahan bakar hanya dapat bekerja sepenuhnya jika kabel yang terhubung ke pelampung bahan bakar dalam kondisi baik. Jika kabel terbakar atau rusak, indikator bahan bakar tidak dapat secara akurat menunjukkan sisa bahan bakar.

Disarankan untuk memeriksa kondisi kabel. Apakah masih bagus. Pada sepeda motor injeksi Honda, kabel pelampung bensin biasanya berwarna merah (+) dan hitam (-).

Warna kabel dari soket kabel pada bodi pelampung bensin ke indikator bensin berubah menjadi kuning/putih (+) dan hijau/hitam (-).

Kabel indikator bahan bakar mudah ditemukan karena kabel langsung dari indikator bensin ke pelampung bensin dan tidak menyimpang ke segala arah.

Periksa apakah indikator bahan bakar dan kabel yang terhubung ke pelampung masih baik. Disarankan untuk mengganti kabel jika ada luka bakar atau kerusakan. Kemudian periksa apakah lampu bahan bakar kembali normal.

BACA JUGA :   Motor Terbaru Yamaha Vino Mesinnya Honda 50cc 2021

2. Ganti baterai

Idealnya tegangan pada aki motor injeksi adalah 12,50 volt. Jangan sampai tegangan di bawah 10 volt itu akan mempengaruhi indikator bensin akan rusak.

Tegangan baterai di bawah 10 volt menunjukkan baterai rusak atau aus. Untuk mengatasi hal tersebut disarankan untuk membeli aki baru agar performa aki kembali optimal dan dapat mengalirkan arus dengan sempurna ke semua sistem kelistrikan sepeda motor.

3. Pemeriksaan Pelampung Bensin

Cara memperbaiki indikator mesin injeksi bahan bakar selanjutnya adalah dengan memeriksa kondisi pelampung bensin, apakah kondisinya normal atau tidak.

Anda bisa mengecek kondisi pelampung dengan cara melihat dan melepas soket kabel bodi. Kemudian gunakan kabel atau tang bulat untuk menghubungkan soket.

Saat lampu bahan bakar penuh, Anda dapat memastikan bahwa pelampung bahan bakar rusak. Namun, jika indikator bahan bakar tidak bergerak hingga penuh, kemungkinan besar indikator bahan bakar akan rusak.

Pelampung bensin terhubung dengan kabel indikator dengan mengirim sensor ke bensin.Tangki bensin juga memiliki sensor. Periksa kondisi sensor dari karat atau karat. Jika karat tidak hilang bahkan setelah dibersihkan, disarankan untuk menggantinya dengan yang baru.

4. Ganti speedometer

Rata-rata motor injeksi memiliki bensin di bagian speedometer. Jarang ada speedometer yang rusak dan bahan bakar juga rusak.

Sebelum memperbaiki speedometer, indikator bensin masih tidak berfungsi normal.

BACA JUGA :   Rekomedasi Pilihan Warna Motor Yamaha Lexi 2021

Leave a Comment