Denda Tilang dan Pasal Yang Belaku Saat Tidak Memakai Helm

TWIBBONK.com – Denda Tilang dan Pasal Yang Belaku Saat Tidak Memakai Helm, mengenakan helm adalah kewajiban semua pengendara sepeda motor. Dalam hal tidak aus, dikenakan denda atas tidak aus sesuai ketentuan yang berlaku. Jumlah denda yang harus dibayarkan cukup besar. Nah simak informasi di bawah ini untuk mengetahui besaran denda karena tidak pakai helm.

Helm berperan dalam menjaga keselamatan dan keamanan pengendara sepeda motor. Tidak sembarangan dan harus memakai helm Yang berstandar SNI. Pengendara sepeda motor juga bisa mendapatkan tiket jika tidak memenuhi standar SNI.

Untuk keselamatan saat berkendara, gunakan helm berstandar SNI. Banyak saat ini kecelakaan yang terjadi saat pengendara tidak memakai helm SNI atau standar negara indonesia.

Helm SNI yang teruji material nya dan sangat aman untuk di gunakan untuk melindungi anda dari jatuh atau kecelakaan. Lebih baik menggunakan helm berstandar SNI untuk mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku daripada membahayakan diri sendiri.

Saat ini sudah banyak helm yang harga nya lebih terjangkau dan sudah memenuhi syarat SNI seperti KYT, LTD, dan lain – lain. Tapi tetap saja anda harus lebih berhati – hati saat ini sudah banyak helm palsu berstandar SNI.

Disarankan agar semua bagian helm diperiksa secara menyeluruh untuk menghindari pemalsuan SNI helm. Mulai pemeriksaan bagian dalam styrofoam atau helm. Kemudian periksa kelimpahan dan cangkang helm.

BACA JUGA :   Warna Dan Harga Terbaru Dari Motor All New Vario 125 2021

Anda bisa membedakan sendiri helm mana yang berkualitas baik dan mana yang tidak. Nah, setelah membeli helm SNI, Anda wajib memakainya saat mengendarai sepeda motor. Jika Anda tidak memakai helm, Anda akan didenda karena tidak memakai helm saat tertangkap dalam razia kendaraan.

Besaran denda karena tidak memakai helm diatur dalam Pasal 291 Ayat 1 UU Lalu Lintas Jalan. Bisa di kenakan denda 250 ribu atau penjara 1 bulan.

Denda di atas merupakan denda tertinggi. Nantinya, para pelanggar harus melalui sidang terlebih dahulu untuk memastikan jumlah denda yang terutang. Kegagalan untuk membayar denda dapat dihukum hingga satu bulan penjara.

Itu selalu lebih baik untuk mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku daripada menghabiskan banyak uang untuk denda karena tidak memakai helm. Gunakan helm berstandar SNI saat bepergian, meski untuk jarak dekat.

Padahal, tujuan utama memakai helm bukan untuk menghindari tilang, tapi agar Anda tetap aman saat berkendara. Studi menunjukkan bahwa 1 dari 3 orang yang mengalami kecelakaan mengalami cedera kepala, sehingga penggunaan helm berstandar SNI dapat meminimalkan cedera kepala jika terjadi kecelakaan. Helm SNI sudah di uji ketahanan nya dan kekuatan nya dari benturan jika terjatuh saat mengendarai sepeda motor.

Sepeda motor tanpa helm juga mendominasi jumlah kematian di jalan raya di Indonesia. Kami meyakinkan Anda bahwa semua orang sadar akan risikonya. Namun kenyataannya, masih banyak orang yang bercita-cita mengendarai sepeda motor tanpa helm.

BACA JUGA :   Harga Terbaru Bebek Unik Motor Honda Super Cub C125 2021

Sebaiknya Anda selalu menggunakan helm SNI saat berkendara untuk menjaga keselamatan diri dan terhindar dari tiket.

Leave a Comment