Kenali Ciri – Ciri Oli Yang Harus Di Ganti Pada Sepeda Motor

TWIBBONK.com – Kenali Ciri – Ciri Oli Yang Harus Di Ganti Pada Sepeda Motor, jangan remehkan penggantian oli. Hal ini dikarenakan oli motor memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap performa dan performa mesin. Anda harus mengganti oli anda setiap 1 atau 2 bulan sekali. Lantas, seperti apa ciri-ciri oli motor yang akan diganti?

Anda tidak perlu khawatir karena sangat mudah untuk mengetahui oli belum di ganti. Ada banyak fitur. Keamanan motor dan performa berkurang karena mesin harus selalu terjaga, dengan cara mengganti oli setiap 2 atau 3 bulan sekali.

Jadi, jika motor terasa tidak nyaman, kemungkinan besar karena oli mesin yang perlu diganti. Selain ciri-ciri tersebut, ada beberapa ciri lainnya. Perlu Anda ketahui sekaligus menjaga kesehatan sepeda motor Anda.

Penggantian oli mesin secara berkala berlaku untuk semua jenis sepeda motor, termasuk matic, bebek atau sport. Jika Anda terlambat mengganti oli mesin, Anda harus siap mengambil risiko. Risiko terbesar adalah turun dari mesin.

Engine down disebabkan oleh kerusakan pada bagian-bagian mesin yang memerlukan penggantian. Hal ini dapat terjadi karena oli mesin tidak dapat melumasi seluruh komponennya secara penuh.

Untuk menghindari masalah di atas, Anda harus mengganti oli mesin secara teratur. Untuk mengetahui ciri-ciri oli mesin yang sekarang harus diganti, simak informasi berikut di Automotiveo.com:

Karakteristik oli yang perlu diganti

BACA JUGA :   Masih Laku Dan Harga Tinggi Motor Honda Beat Karbu

1. Temperatur mesin tinggi

Salah satu fungsi oli adalah untuk mendinginkan mesin. Jadi, jika mesin terasa lebih panas dari biasanya, itu tandanya oli mesin perlu diganti.

Ganti oli mesin sesuai spesifikasi motor. Jangan sembarangan memilih oli mesin, karena motor yang berbeda memiliki spesifikasi oli yang berbeda.Anda harus memilih mesin yang tepat dengan menghubungi ahli mekanik yang akan memeriksa kendaraan anda.

2. Mengurangi level oli mesin

Ciri selanjutnya adalah volume mesin yang berkurang. Untuk sepeda motor dengan kapasitas mesin 150 cc atau kurang, rata-rata oli mesin sekitar 800 ml. Saat mesin digunakan, volume terus berkurang.

Penurunan oli secara alami mengurangi kemampuannya untuk mendinginkan atau melumasi mesin. Oleh karena itu, oli mesin harus segera diganti saat volumenya berkurang.

3. Mesin terdengar kasar

Cara termudah untuk mengetahui apakah oli mesin Anda perlu diganti adalah dengan mendengarkan mesinnya. Hal ini dikarenakan oli mesin yang lama tidak diganti akan membuat suara mesin menjadi kasar.

Suara bisa berasal dari transmisi atau bagian lain. Hal ini dapat terjadi karena daya pelumasan oli berkurang dan tidak optimal untuk melumasi seluruh komponen mesin.

4. Minyaknya hitam dan encer

Saat anda harus menganti oli tanda nya adalah di saat oli sudah mulai menghitam dan encer sekali. Oli mesin harus berwarna kuning atau biru yang menunjukkan bahwa oli masih bagus.

BACA JUGA :   Motor Yamaha FZX 150, XSR155 Dengan Kearifan Lokal Vrindapan

Jaminan 100% bahwa itu akan perlu diganti jika berubah menjadi hitam. Apalagi jika Anda merasakan pilek yang menandakan penurunan kekentalan oli.

5. Tarikan motor terasa berat

Apakah motor terasa berat dan tumpul saat diinjeksi gas?Bisa saja penyebab nya oli sepeda motor anda yang sudah lama belum di ganti. Hal ini karena oli berguna untuk menghilangkan semua komponen mesin yang membuat tarikan mesin terasa lebih ringan.

Kesimpulan

Jadi beberapa karakteristik oli perlu diganti. Sangat mudah untuk mengetahuinya karena Anda dapat mengetahuinya langsung dari kenyamanan sepeda motor. Penggantian oli mungkin diperlukan jika kenyamanan berkurang.

Fungsi oli sangat penting untuk kesehatan mesin motor. Oleh karena itu, harus diganti secara berkala. Oli anda harus di ganti agar performa mesin anda lebih bagus dan terdengar lebih halus.

Leave a Comment