Tips Meningkatkan Performa Mesin Motor Injeksi 2021

TWIBBONK.com – Tips Meningkatkan Performa Mesin Motor Injeksi 2021, sudah banyak sepeda motor yang terjual di indonesia sudah menggunakan mesin injeksi. Teknologi sistem pembakaran membuat motor lebih efisien dan bertenaga. Meski demikian, bukan berarti performa motor injeksi tidak bisa diturunkan.

Semua motor injeksi dapat mengalami degradasi. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya karena perawatan komponen mesin injeksi yang kurang baik. Komponen-komponen yang terdapat pada mesin tersebut bervariasi dan semuanya memerlukan perawatan yang rutin.

Salah atau kurang perawatan menyebabkan komponen mesin injeksi bekerja kurang optimal. Hal ini bisa menyebabkan perfomas mesin injeksi menurun dan kurang bertenaga sangat tidak nyaman untuk di kendarai.

Perawatan rutin pun tak terhindarkan agar motor injeksi selalu tampil maksimal. Ada banyak yang harus dilakukan. Yang paling umum adalah penggantian oli rutin dan servis rutin.

Pelayanan yang dilakukan bukan hanya sekedar pelayanan, ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan. Berikut tampilannya:

1. Injektor dan throttle body

Perbedaan antara motor injeksi dan karburator adalah injektornya. Mesin injeksi juga berengaruh terhadap body throttle kendaraan.

Kedua komponen di atas memerlukan perawatan rutin untuk menjaga performanya selalu dalam kondisi terbaik. Perawatan juga biasanya ditujukan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada injektor dan bagian throttle body.

2. Pompa bahan bakar dan filter

Komponen selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah pompa bahan bakar dan filter. Keduanya harus dibersihkan secara rutin untuk membersihkan kotoran yang dapat mengganggu kinerja motor injeksi.

BACA JUGA :   Mobil Aston Martin Harga Terbaru dan Termahal 2021

Kontaminan dapat mempengaruhi kinerja bahan bakar yang dipompa melalui pompa bahan bakar dan disaring melalui filter. Oleh karena itu, kedua komponen ini sangat berpengaruh terhadap performa motor injeksi.

3. Tangki bahan bakar

Disarankan untuk mengosongkan tangki bahan bakar untuk menjaga performa motor injeksi yang optimal. Hal ini untuk mencegah debu, kotoran atau bahkan air bercampur dengan bahan bakar.

Tangki yang kotor menurunkan kinerja bahan bakar yang digunakan, sehingga menghasilkan tenaga mesin yang kurang optimal. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan bahan bakar berkualitas tinggi sesuai standar motor.

4. Filter udara

Filter udara harus dibersihkan secara teratur untuk memastikan berfungsi sempurna untuk mengalirkan udara ke semua komponen mesin. Jika filter udara kotor, ada risiko menyumbat sensor di throttle body karena tidak dapat secara otomatis mengeluarkan udara bersih.

5. Aki

Komponen selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah baterai. Ini karena baterai adalah sumber daya untuk sensor ECU dan throttle body. Baterai juga berfungsi untuk menyalakan komponen lain seperti lampu, klakson, starter, dll.

Pastikan aki masih dalam kondisi baik untuk memberikan daya yang maksimal ke seluruh komponen kelistrikan motor injeksi. Jika anda pernah jatuh sebelumnya di saran kan untuk mengganti nya dengan yang baru. Silakan simak artikel selanjutnya “Harga Aki Motor” untuk mengetahui harganya.

BACA JUGA :   Kelebihan Honda Scoopy Tahun 2021

Nah, itulah 5 komponen yang berpengaruh besar terhadap performa motor injeksi. Lakukan perawatan rutin di service center resmi atau bengkel motor berpengalaman.

Jika Anda merawat sepeda motor Anda setiap saat, kami yakin itu akan nyaman untuk dikendarai dan akan mencegahnya melambat atau meledak. Nah, kali ini cukup sekian informasinya. Semoga bermanfaat dan bermanfaat untuk semua pengunjung twibbonk.com.

Leave a Comment