Ketahui Penyebab Lampu Sein Sepeda Motor Mati 2021

TWIBBONK.com – Ketahui Penyebab Lampu Sein Sepeda Motor Mati 2021, saat ini banyak sekali pengendara sepeda motor menglami masalah lampu sein tidak berkedip atau mati. Tentu saja, masalah ini ada penyebabnya. Lantas, apa yang bisa menyebabkan indikator belok motor tidak berkedip?

Ada beberapa penyebab lampu sein mati dan anda wajib tau apa penyebabnya. Anda harus mengetahui apa penyebabnya sebelum mengatasi nya. Perbaikan yang ceroboh tidak ada gunanya karena biasanya akan gagal.

Meski terkesan sepele, fungsi lampu sein sangat penting. Di sinilah pengendara lain memberi sinyal saat ingin belok kanan atau kiri.

Lampu sein juga menjadi salah satu aksesoris berkendara yang wajib dimiliki setiap sepeda motor. Posisinya diletakkan di bagian depan dan belakang.

Jika salah satu rusak atau Anda tidak menginginkan lampu kilat, Anda berisiko mengalami kecelakaan. Ini karena Anda tidak dapat memberi sinyal kepada pengemudi lain untuk membingungkan pengemudi di depan atau di belakang Anda.

Banyak kecelakaan disebabkan oleh sinyal belok yang salah. Oleh karena itu, jika lampu sein rusak, disarankan untuk segera memperbaikinya.

Cara mengatasinya sangat sederhana, tetapi pertama-tama Anda perlu mengetahui penyebabnya. Nah simak informasi twibbonk.com dibawah ini untuk mengetahui penyebab lampu sein motor anda tidak berkedip.

Penyebab lampu sein motor tidak berkedip

1. Kegagalan flasher sinyal belok

BACA JUGA :   Motor Trail Kawasaki Terbaru dan Terbaik 2021

Untuk mengatur arus pada lampu sein, diperlukan alat yang disebut flasher. Terkadang alat rusak dan lampu sein tidak berkedip atau mati.

Kerusakan pada flasher sangat mudah. Anda bisa mengganti lamu sein anda dengan harga yang lebih terjangkau. Namun, sebelum mengganti sebaiknya dicek dulu apakah rangkaian flasher sudah benar atau belum.

2. Bukan tegangan baterai maksimum

Semua bagian kelistrikan kendaraan, termasuk lampu sein, menurut akun tersebut. Nah, baterai adalah kekuatan sepeda motor. Jika baterai dalam kondisi baik, biasanya akan terjadi penurunan tegangan.

Tegangan pada aki motor minimal harus 12 volt. Jika lebih kecil dari ini, Anda dapat membuat lampu sein berhenti berkedip. Untuk mengatasinya, setrum baterai atau ganti dengan yang baru.

3. Bola lampu indikator belok rusak

Ada dua jenis sinyal belok. Yang pertama adalah lampu LED dan yang kedua adalah bola lampu biasa. Mereka berbeda jenis, tetapi keduanya bisa rusak. Jika bola lampu rusak, itu harus diganti.

Biaya penggantian lampu sein tidak terlalu mahal. Masih banyak aksesoris lampu sein yang bisa Anda pilih. Selain itu, jangan lupa untuk memilih lampu sein yang berkualitas agar tidak mudah rusak.

4. Kabel rusak

Kabel harus digunakan untuk menghubungkan bola lampu sein ke sistem kelistrikan motor. Jadi jika kabel putus, lampu sein tidak akan berkedip secara otomatis.

BACA JUGA :   Penjelasan Tentang Injector Cleaner Honda Dan Yamalube Carbon Cleaner

Pastikan tidak ada kabel yang putus. Ketika ternyata, itu sudah cukup untuk menyambung kembali. Namun jika sudah parah, lebih baik diganti dengan kabel baru.

5. Saklar buruk

Untuk menyalakan lampu sein, cukup geser tombol ke kiri atau ke kanan. Sakelar mungkin rusak dan lampu sein mungkin tidak berfungsi.

Kerusakan sakelar lampu sein dapat disebabkan oleh banyak hal. Namun, hal ini biasanya disebabkan oleh kabel yang putus. Selain itu, debu dapat merusak sakelar dan mencegahnya bekerja dengan benar.

Kesimpulan

Setelah menentukan mengapa lampu sein motor Anda tidak berkedip, Anda dapat memutuskan untuk memperbaikinya sendiri atau mengunjungi bengkel motor terdekat. Yang terpenting, masalah ini harus segera diatasi.

Berhati-hatilah agar tidak merusak lampu sein saat mengemudi karena dapat membahayakan keselamatan Anda. Kali ini, informasi tentang twibbonk.com sudah cukup.

Leave a Comment