Pilihan Terbaik Reksadana Pendapatan Tetap 2021

TWIBBONK.com – Pilihan Terbaik Reksadana Pendapatan Tetap 2021, Halo Pak Arif. Saya berencana untuk membeli reksa dana. Saya memiliki rekening tabungan tempat saya menyimpan tabungan saya. Saya berencana untuk pindah ke reksa dana pendapatan tetap karena saya punya uang untuk dibelanjakan dalam 2-3 tahun. Rekomendasi reksa dana pendapatan tetap mana yang menurut Anda terbaik untuk dipilih? Menunggu saran senior Anda. Terima kasih.

Halo Pak Arif, Ada beberapa produk investasi yang tersedia untuk 2-3 tahun ke depan, seperti reksa dana pendapatan tetap, reksa dana pasar uang atau deposito berjangka. Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk membeli investasi, Anda perlu mengomunikasikan tiga aturan main:

Pertama, faktor risikonya adalah minimal, sangat minimnya risiko tabungan dan deposito dalam dunia investasi, karena negara menjaminnya melalui Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS. Tidak ada jaminan untuk produk reksa dana, sehingga Anda bisa kehilangan uang dalam kasus terburuk. Jadi, apakah Anda siap menerima hasil ini? Jika Anda sudah siap, Anda bisa memasukkan uang Anda ke dalam reksa dana. Jika tidak, deposito masih merupakan pilihan terbaik Anda.

Kedua – volatilitas investasi, tidak seperti deposito reksadana yang menawarkan bunga tetap per jangka waktu, tidak ada standar berapa banyak investasi yang bisa Anda dapatkan di reksa dana, semuanya tergantung pada faktor ekonomi di negara kita dan dunia. Ini berarti bahwa selama dua hingga tiga tahun ke depan, reksa dana pilihan Anda dapat menghasilkan pengembalian yang lebih tinggi daripada deposito, tetapi masih cenderung lebih rendah daripada deposito. bagaimana ? Jadi lanjutkan dengan reksa dana?

BACA JUGA :   Tips Mudah Menyusun Laporan Keuangan 2021

Ketiga – ada beberapa jenis reksa dana dalam reksadana pilihan Anda, yang paling umum adalah pasar uang, pendapatan tetap, saham, dan reksa dana campuran. Reksa dana ekuitas umumnya menghasilkan pengembalian yang lebih tinggi daripada dana lain, tetapi pengembalian investasi mereka sangat fluktuatif. Di sisi lain, reksa dana pasar uang adalah yang paling tidak stabil. Untuk meminimalkan risiko dana investasi jangka pendek, kami memilih untuk tujuan investasi jangka pendek 2-3 tahun, sedangkan reksa dana saham untuk tujuan jangka panjang adalah 10 tahun atau lebih.

Jadi, jika Anda membutuhkan uang selama 2-3 tahun ke depan untuk menjawab pertanyaan Anda, opsi yang paling tidak berisiko sebenarnya adalah reksa dana pasar uang jangka pendek atau pendapatan tetap. Jadi produk apa yang bisa kita pilih? Tidak mudah menjawab pertanyaan ini, mengingat jenis reksadana memiliki karakteristik yang relatif berbeda dari tahun ke tahun. Kinerja tahun ini mungkin bagus, tapi kinerja tahun depan mungkin tidak bagus.

Melihat data di atas, reksa dana pasar uang tumbuh rata-rata tahunan 5,3-5,9% selama 1-5 tahun terakhir, sedangkan reksadana pendapatan tetap tumbuh rata-rata tahunan 6,0-9,7%.

Jadi pertanyaannya, jika Anda ingin membeli reksa dana pendapatan tetap, rekomendasi reksa dana pendapatan tetap mana yang bisa Anda pilih saat ini? Pilih aset dengan tingkat pertumbuhan di atas rata-rata dan total dana yang dikelola lebih dari $250 miliar, termasuk BNP Paribas Omega, Bahana Makara Prima, Danamas Stabil, Manulife Bonds Superior atau TRIM Fixed Fund 2.

BACA JUGA :   Tips Transaksi Perbankan Termudah dan Aman 2022

Namun, rekomendasi reksa dana pendapatan tetap ini mungkin berbeda dengan kenyataan yang akan Anda hadapi karena Anda tidak dapat memprediksi dengan tepat apa yang akan terjadi di masa depan. Anda harus menganalisi pergerakan investasi anda setiap 6 bulan sekali dan ikutin tips di atas. Terima kasih.

Leave a Comment