Ketahui Kapan Harus Mengganti Ban Motor?

Ketahui Kapan Harus Mengganti Ban Motor? – Terkadang terdapat situasi tidak normal yang memforsir kita buat ubah ban motor, misalnya ban seketika berbadan dua, alis melendung di posisi khusus, ataupun robek sebab tiba piringan hitam runcing. Kemudian bila kita wajib ubah ban pada situasi serta konsumsi wajar?

Cermati TWI

Tread Wear Indicators nama lain TWI merupakan batasan keausan ban yang diijinkan. TWI berupa benjolan kecil di alur- alur yang ada di telapan ban.

Tidak sering sekali biker yang mencermati TWI ini, apalagi sedang banyak yang tidak mengenali manfaatnya.

Pada Ban( sidewall) ada sebagian ciri segitiga kecil. Segitiga itu membuktikan kalau pada posisi itu ada TWI di tread nama lain kembangan telapak ban.

Sehabis konsumsi khusus, ban kian lama kian aus, serta tread kian pipih sebab terkisis aspal.

Kemampuannya mencengkeran aspal kian menurun, alhasil amat beresiko bila digunakan buat berkendara. Bila ketebalan tread telah menggapai TWI, hingga ban wajib ditukar.

Era expired

Seperti santapan, ban juga mempunyai era kadaluarsa. Tidak terdapat determinasi yang melaporkan bila ban hendak kadaluarsa.

Tetapi banyak pakar akur( pakar apa nih?) ban hendak expired sehabis 3– 4 tahun sehabis bertepatan pada pembuatannya.

Loh, ban dapat expired pula betul?

Pernahkan brosis menjemur karet gelang? Sehabis sebagian hari dijemur, karet hendak retak- retak, serta gampang putus kala ditarik.

BACA JUGA :   Tips Mudah Menjaga Cat Mobil Tetap Berkilau

Perihal yang serupa bisa terjalin pada ban sepeda motor. Sebab cara oksidasi serta pengozonan, ban hendak lenyap kelenturannya serta jadi getas.

Ban dengan situasi semacam ini amat tidak nyaman buat dipakai. Jadi ban hendaknya ditukar bila telah dewasa 3– 4 tahun, walaupun belum menggapai TWI.

Pada bilik ban senantiasa ada isyarat penciptaan berbentuk 4 digit nilai. Telah jadi ketentuan global, kalau 2 digit awal melaporkan minggu ke berapa ban itu terbuat, serta 2 digit selanjutnya melaporkan nilai tahun.

Cermati lukisan sangat atas. Di situ tercetak nilai“ 5212”. Maksudnya ban itu terbuat pada minggu ke 52 tahun 2012.

Nah, jika ingin beli ban terkini, cermati senantiasa isyarat penciptaan itu, supaya tidak terkecoh dengan harga ekonomis pedagang ban tepi jalur.

Leave a Comment