Ayo Ketahui Kenapa Ban Berwarna Hitam

Ayo Ketahui Kenapa Ban Berwarna Hitam – cermati di jalur, bagus ban mobil ataupun ban sepeda motor senantiasa bercorak gelap.

Bisa jadi luang terpikir oleh kamu, jika ban itu beraneka warna pasti hendak lebih menarik.

Nyatanya perihal itu pula terpikirkan oleh sebagian produsen ban, alhasil ban dengan motif yang menyolok, semacam merah, kuning, hijau, biru, sempat jadi tren sebagian tahun yang kemudian.

Tetapi benar semacam yang aku duga, tren itu tidak berjalan lama. Kenapa? Sebab ban semacam itu tidak nyaman, mahal, serta kilat habis.

Loh wait. kenapa kalian dapat beranggapan? Betul iya lah, aku sempat jadi karyawan R&D di suatu industri ban.

Kamu tentu ketahui ban( nama lain tyre ataupun tire) itu dibuat dari karet( rubber). Pada biasanya ban dibuat dari kombinasi karet alam( alami rubber) serta karet bikinan( synthetic rubber).

Tetapi terdapat pula ban yang dibuat dari karet bikinan asli tanpa kombinasi karet alam. Tidak terdapat ban yang dibuat dari karet alam asli.

Nyatanya karet saja tidak mempunyai kekerasan yang lumayan yang diperlukan oleh suatu ban motor.

Tidak hanya itu gesekan dengan aspal hendak membuat karet habis dengan lekas. Nah buat menyumpal kekurangan materi karet itu, hingga ditambahkanlah materi pengisi( filler) berbentuk pasir atau abuk karbonium( carbon black).

Guna carbon black merupakan:

BACA JUGA :   Cara Mudah Memperbaiki Motor Mogok Sendiri 2021

Menaikkan kekerasan ban.

Menaikkan energi kuat kepada erosi( abrasion resistance) sebab gesekan dengan aspal.

Tidak hanya itu, akumulasi carbon black pula membuat ban jadi lebih murah, sebab harga karbonium jauh lebih ekonomis dari karet.

Nah, karbonium ini rupanya amat gelap. Cuma dengan sebagian gr karbonium, sanggup menggelapkan puluhan kg karet.

Sementara itu dalam aplikasinya, analogi antara carbon black dengan karet ini nyaris satu memadankan satu. Seperti itu penyebabnya kenapa ban bercorak gelap.

Carbon black ini digabungkan dengan karet dalam suatu mesin mixing( banbury), berbarengan dengan bermacam materi yang lain, di antara lain anti- oxidant, processing aids, accelerator, belerang, serta lain- lain.

Gimana dengan ban aneka warna mulanya? Ban- ban itu memakai pasir silica buat menaikkan energi kuat abrasinya.

Hendak namun energi kuat erosi dari silica ini tidak sebagus karbonium, tidak hanya itu silica amat mahal bila dibandingkan dengan karbonium, alhasil memakai silica selaku materi pengisi amat tidak murah.

Leave a Comment